Nilai Tukar Rupiah Tahun 2014 Akan Dijaga pada Kisaran Rp10.500 - Rp10.700

JAKARTA | DNA - Nilai tukar rupiah pada tahun 2014 dipastikan akan dijaga pada kisaran Rp10.500 hingga Rp10.700 per dolar AS. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo pada saat rapat Anggaran Tahunan BI (ATBI) 2014 bersama komisi XI DPR.

“BI memprediksi nilai tukar rupiah mencapai Rp10.500 hingga Rp10.700 per dolar AS,” ujar Gubernur BI. Ia menjelaskan bahwa target tersebut didasarkan pada kinerja ekonomi RI pada 2014 yang diprediksi semakin membaik.

“Kami yakin kondisi global 2014 akan membaik. Kami menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun itu menjadi 5,8 hingga 6,2 persen,” kata Gubernur BI. Kendati demikian, ia juga mengingatkan bahwa arah pergerakan nilai tukar rupiah masih rentan terhadap perkembangan ekonomi dunia.

Sementara itu, terkait dengan pengendalian laju inflasi dan sistem keuangan pada tahun 2014, BI akan menjalankan 7 sasaran dan langkah-langkah. Sasaran dan langkah-langkah tersebut antara lain terdiri dari memantapkan transisi pengawasan perbankan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), memperkuat kerangka dan bauran moneter, menjaga strategi kesetabilan nilai tukar, melakukan pendalaman pasar uang valas dan rupiah, mendorong sistem keuangan dan makro prudensial, memperkuat sinergi BI dengan lembaga keuangan terkait, serta menjaga implementasi jaringan nasional dan ketersedian uang layak edar.(sam/dpke)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi