Lahan Parkir PN Medan Semakin Sempit

MEDAN | DNA - Lahan parkir yang terdapat dihalaman gedung Pengadilan Negeri (PN) Jalan Pengadilan Medan pada hari – hari kerja jadwal sidang terutama hari Senin sampai hari Kamis selalu membludak padat. Salah satu penyebabnya adalah disatukannya beberapa sistem acara persidangan di gedung pengadilan yang sudah dibangun sejak jaman Belanda tersebut.
 
Selain acara persidangan pidana umum, sidang perkara perdata, sidang perkara perceraian (warga masyarakat non Muslim), sidang perkara anak, PHI, Perikanan Kelautan dan persidangan niaga.  PN Medan juga menampung persidangan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).  Sehingga lahan parkir yang tersedia di samping kiri gedung dan halaman depan tempat masyarakat mencari keadilan tersebut sangat sesak dan berjejal.
 
Halaman parkir yang tersedia semakin sempit akibat sedikitnya ratusan pengunjung, para hakim, jaksa pengacara, panitera maupun para pegawai PN memarkinkan kenderaannya di lahan parkir yang sangat terbatas tersebut.
 
Pada hari-hari persidangan tertentu, khususnya ketika menyidangkan perkara kepala daerah, maka otomatis lahan parkir tersebut tidak mampu lagi menampung jumlah kenderaan pengunjung sidang yang jumlahnya mencapai ribuan kenderaan.

Sehingga tepian Jalan Pengadilan dan jalan depan Makodim 0201 BS di manfaatkan untuk lokasi parkir pengunjung, termasuk seputaran halaman gedung Pengadilan Tinggi Sumatera Utara yang berada di sebelah kanan gedung.  
 
Salah seorang hakim ad hoch yang juga hakim mediasi Pengadilan Agama Drs. H. Dharma Bakti Nasution, PHd. SH. MH Rabu (31/7/2013) mengatakan, melihat kondisi fakta lahan parkir di PN Medan ini sudah sepantasnya para pihak yang berkompeten mencari solusi terbaik untuk kenyamanan para pihak yang berurusan di PN ini.
 
“Jika memungkinkan dari berbagai sudut pandang, bukan hanya lahan parkir saja yang perlu dicarikan solusinya.  Tetapi gedung PN Medan juga perlu disikapi sesuai dengan perkembangan jaman yang berkaitan dengan pertambahan jumlah penduduk Sumatera Utara yang tumbuh berkembang cukup signifikan,” ujarnya.(sam/sugandi)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi