Uniknya Anggrek Bebek Terbang di Australia

Dunia flora memang tak ada habisnya menawarkan bentuk tanaman yang indah dan unik. Kali ini dari padang gurun Australia yang dikenal memiliki banyak koleksi flora dan fauna unik. Ada sebuah anggrek yang bentuknya menyerupai seekor bebek.

Memiliki nama latin Caleana major, anggrek ini semakin unik karena bentuk bebeknya seperti sedang terbang. Dilihat dari posisi samping nampak Flying Duck Orchid memiliki paruh mirip bebek. Sedangkan badannya yang mekar menunjukkan seperti terbang.

Untuk melindunginya, anggrek bebek ini pernah berusaha dikembangkan di penangkaran namun selalu gagal. Rupanya akar anggrek ini memiliki hubungan simbiosis dengan vegetatif jamur yang hanya dapat ditemukan di wilayah timur dan selatan Australia. Jamur tersebut melindungi bunga dari infeksi dan tanpa itu anggrek akan cepat mati.

Anggrek berwarna merah marun ini juga sangat sulit ditemukan di habitatnya. Meski bukan tanaman terkecil, namun ukuran tinggi tanaman 50 cm membuatnya menyatu dengan sekitarnya sehingga sulit dilihat. Bentuk badan bunga yang seperti bebek itu juga memberikan cara untuk serangga melakukan penyerbukan paksa.

Sebelumnya ditemukan juga anggrek dengan bentuk mirip pria telanjang yang memiliki aroma menyengat. Sedangkan anggrek langka yang memiliki wajah monyet kecil ditemukan di hutan hujan tertinggi Ekuador dan Peru. Anggrek Monyet ini berbunga sepanjang tahun dengan aroma jeruk yang sedang dikupas. (sam/mr)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi