LKPj Bupati Sergai dan LKPD Tahun Anggaran 2012 Disetujui DPRD

SEI RAMPAH | DNA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Serdang Bedagai (DPRD Sergai) menyatakan menerima dan menyetujui Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2012 yang disampaikan Bupati Ir. H.T. Erry Nuradi, MSi tanggal 30 April untuk LKPj dan 29 Mei lalu untuk nota pengantar LKPD.

Persetujuan ini dinyatakan dalam sidang paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua Dewan H. Azmi Yuli Sitorus SH, MSP didampingi para Wakil Ketua Dewan Drs. H. Sayuti Nur, MPd, MY Basrun dan Drs. H. Abdul Rahim yang berlangsung di Gedung Dewan di Sei Rampah.

Persetujuan itu diambil setelah penyampaian hasil pembahasan gabungan komisi disampaikan Ketua Komisi D Rasdiaman Damanik yang mengandung 30 rekomendasi teknis sebagai saran dan masukan yang konstruktif dalam upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat yang semakin prima.

Sebelumnya juga disampaikan laporan hasil pembahasan panitia khusus (pansus)  LKPj yang dibacakan Ketua Pansus H. Usman Sitorus S.Ag, MA yang disertai rekomendasi-rekomendasi untuk masing-masing SKPD sesuai dengan hasil pengamatan di lapangan dan pembahasan demi peningkatan kinerja di tahun anggaran mendatang. Semua rekomendasi hasil pembahasan DPRD dirumuskan menjadi 35 butir rekomendasi akhir dari DPRD Sergai yang dibacakan Sekwan DPRD Drs. Suprin.

Turut hadir mendengarkan pendapat akhir fraksi dan pengambilan keputusan itu Bupati Ir. H.T. Erry Nuradi, MSi, Wabup Ir. H. Soekirman, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati beserta para Kepala SKPD, Camat se- Kabupaten Sergai dan insan pers.

Melalui LKPj Bupati Sergai tahun 2012 yang disampaikan Bupati Erry Nuradi di depan sidang DPRD pada 30 April lalu dikemukakan capaian kinerja 24 urusan wajib dan 7 urusan pilihan yang dilaksanakan Pemkab Sergai beserta jajarannya dengan realisasi pendapatan daerah sebesar Rp. 875.700.482.094,20 atau 98,12 % dari target yang ditetapkan.

Kemudian realisasi belanja daerah sebesar Rp. 833.559.067.726,80 atau 95,64 % dari target sehingga ditemuka surplus sebesar Rp. 42.141.414.367,40 untuk menutupi pembiayaan daerah sebesar Rp. 19.421.104.611,02. Sehingga dalam tahun anggaran 2012 terdapat sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) sebesar Rp. 22.720.309.756,38

Dalam kesempatan tersebut Wabup Ir. H. Soekirman mengemukakan bahwa LKPj Bupati yang baru rampung pembahasannya merupakan kewajiban Kepala Daerah dalam memenuhi ketentuan Pasar 27 ayat 2 UU No 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah. Sedangkan ranperda tentag pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2012 yang baru disetujui bersama merupakan kewajiban kepala daerah sebagaimana diamanatkan UU keuangan negara dan peraturan pelaksanaannya.

Perampungan kedua dokumen tersebut merupakan wujud dari komitmen Pemkab Sergai dalam mengimplementasikan tata kelola kepemimpinan yang baik (good governance).

Setelah mendengar butir-butir rekomendasi hasil pembahasan gabungan komisi dan pansus LKPj, Pemkab Sergai akan berupaya menindaklanjuti semaksimal mungkin masukan-masukan tersebut demi kemajuan tanah bertuah negeri beradat ini, ujar Wabup Soekirman.

Beberapa diantaranya yakni akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumut dalam mempercepat pengukuran ulang HGU PT. Bridgestone di Desa Tinokah Kecamatan Sipispis, percepatan penanganan masalah sengketa tanah secara optimal, menyelesaikan permasalahan tanah gedung Dinas Pendidikan dengan pihak terkait dan penindakan terhadap pengusaha galian C dan ternak ayam yang tidak memiliki ijin serta pendistribusian e-KTP maupun optimalisasi pelayanan pembuatan akte kelahiran(nov|sb)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi