Antisipasi Peredaran Narkoba, BNN Razia Tempat Hiburan di Medan

MEDAN | DNA - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumut akan merazia sejumlah tempat hiburan malam di Medan sebagai upaya pencegahan peredaran Narkotika dan obat-obat terlarang.

Kepala BNN Provinsi Sumut Kombes Pol. Rudy Tranggono mengatakan itu, terkait maraknya peredaran Narkoba di sejumlah lokasi hiburan malam di Kota Medan serta wilayah lainnya di Sumut."Kita memang sudah merencanakan itu, sudah ada dalam agenda. Tetapi kapan waktunya dan dimana lokasinya akan disampaikan nanti setelah operasi dilakukan," katanya.

Untuk saat ini, sebut Rudy, razia dan penggeledahan di tempat hiburan malam akan melibatkan petugas kepolisian.Tetapi ke depannya BNN Provinsi akan melakukan penggeledahan sendiri. "Sekarang ini BNN belum memiliki alat pendukung, seperti untuk tes urine. Namun ke depan setelah ada alat-alat pendukung, BNN sudah bisa melakukan penggeledahan dan penggerebekan sendiri," katanya.

Disebutkan Rudy, penggeledahan di tempat hiburan malam akan dilakukan sesuai mekanisme yang biasa dilakukan penegak hukum lainnya.

Dia juga menjelaskan, BNN melibatkan masyarakat untuk berperan aktif dalam pemberantasan narkoba, seperti membentuk kelompok atau komunitas anti narkoba. Juga pemberdayaan alternatif, seperti rehabilitasi bagi pecandu narkoba. Hanya saja, kata Rudy, BNN Provinsi belum memilki pusat rehabilitasi sendiri.

"Kami berharap pemda memperhatikan persoalan ini, karena permasalahan narkoba tidak bisa dianggap main-main," kata dia.

Ditanya narkoteterorisme, atau narkoba untuk kegiatan terorisme, Rudy mengaku benar adanya. Jalurnya, kata dia, para pelaku melakukan perampokan kemudian membeli narkoba di Malaysia dan dijual lagi di Indonesia.

"Hasil penjualan narkoba itu kemudian dimanfaatkan untuk pelatihan-pelatihan terorisme," sebutnya.Tapi, Rudy mengaku, belum ada mengendus Narkoterorisme di Sumut.(sal/mdn)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi