Labuhan Batu Kagumi Konsep Cerdas Deli Serdang

LUBUK PAKAM | DNA -  Wabup H Zainuddin Mars  menyampaikan terimakasih Kepada Wabup Labuhan Batu Suhari Pane Sip, yang telah  memilih Kabupaten Deli Serdang Serdang  menjadi objek kunjungan belajar  program USAID Prioritas,  karena disamping sebagai wadah untuk saling bersilaturrahmi, juga akan dapat  dijadikan sebagai forum saling tukar informasi dan pengalaman dalam upaya membangun dan mengembangkan pendidikan di dua daerah ini.

Hal itu dikemukakan  Wabup H Zainuddin Mars ketika menerima rombongan  kunjungan belajar  Program USAID Prioritas Kabupaten Labuhan Batu di Deli Serdang, yang dihadiri Provintial koordinator USAID Prioritas Drs Agus Marwan,Kadis Pendidikan  Pemuda Dan Olahraga  Hj Saadah Lubis SPd MAP, KTU  Drs H Jaswar MPd  beserta jajarannya,Ka Kemenag Deli Serdang  Drs H Dur Brutu MA dan sejumlah pejabat Pemkab Deli Serdang,ditandai dengan saling tukar cendramata,  di Balairung Pemkab Deli Serdang, Lubuk Pakam.   

Dijelaskan  Wabup bahwa Kabupaten Deli Serdang menempatkan  sektor pendidikan sebagai prioritas pembangunan,kesehatan dan  Infrastruktur daerah,  menjadi bahagian penting tanpa mengabaikan sektor lainnya ,  sebagaimana Visi Misi pembangunan Deli Serdang priode 2009 -2014 yakni   menuju Deli Serdang yang maju bersama masyarakatnya yang religius dan bersatu dalam kebhinnekaan.  

Karenanya  Pemkab Deli Serdang terus berupaya melakukan percepatan pembangunan, khusus di sektor pendidikan dilakukan pola  Konsep CERDAS ( Percepatan Rehabilitasi dan Apresiasi  terhadap Sekolah) dengan mengandalkan tiga pilar kekuatan yaitu  kemampuan  pemerintah yang terbatas   didukung fihak swasta dan partisipasi masyarakat  melakukan  perbaikan  gedung SD  yang mengalami kerusakan  sehingga pada tahun 2007  Kabupaten Deli Serdang  telah bebas dari gedung SD yang rusak  dan  menjadi gedung sekolah yang layak dan nyaman  untuk proses belajar dan mengajar.

Pola Kebersamaan ini  merupakan andalan Deli Serdang untuk menyahuti tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang karena disadari  kemampuan pemkab Deli Serdang  cukup terbatas, meski APBD  Deli Serdang saat ini mencapai 2,3 Triliun belum memadai  karenanya  tiga  pilar kekuatan tadi harus terus dipertahankan.

Kini konsep Cerdas telah memasuki tahap apresiasi, bagaimana  meningkatkan kwalitas  guru dan murid seperti  jenjang  pendidikan guru  yang saat ini sudah merata  dengan  Ijazah S1bahkan S2,demikian  juga  fasilitas lingkungan sekolah semakin ditingkatkan, sehingga seluruh  sekolah  yang ada nantinya  menjadi kebanggan  para murid bahkan masyarakat sekitarnya.

Wabup  berharap agar sektor  pendidikan ini dapat menjadi perhatian  bersama di manapun kita berada , karena sesungguhnya  pendidikan ini tidak hanya  berguna bagi  kalangan  level tinggi tetapi bagi seorang petani dan nelayanpun perlu ilmu  pengetahuan untuk dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Sementara Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga  Hj Sadah Lubis Spd MAP dalam paparannya antara laian menjelaskan bahwa pada tahun  2005- 2011  Pemkab Deli Serdang  telah menjalin  kerjasama dengan  Decentralisazed  Basic Education (DBE) Usaid, jugamenguraikan Visi Dinas Dikpora  yaitu terwujudnya  SDM Deli Serdang yang cerdas,berkarakter bersaing di era globalisasi, bersama pemerintah,partisipasi masyarakat dan dukungan sektor swasta.

Sedangkan  strategi pengelolaan Sumberdaya pendidikan dengan  melakukan  peningkatan kualifikasi pendidikan guru ke S1 dan S2 , peningkatan kompetensi guru melalui  pengembangan keprofesian Berkelanjutan (PKB), pelatihan,diklat,workshop dan sebagainya, pemberian insentif guru dari APBD, insentif guru daerah terpencil dan guru MDA. Penataan dan pemerataan pendidik sesuai dengan SK bersama 5 Menteri.

Wakil Bupati Labuhan Batu  Suhari Pane Sip menyatakan rasa kagum  dengan perkembangan pendidikan  di daerah ini setelah  meninjau langsung ke beberapa sekolah untuk  tingkat SD SMP /MTS. termasuk tam[pilan   karakter anak-anak  didik  yang  sangat membanggakan, demikian juga  pola  percepatan pembangunan  daerah khususnya disektor pendidikan dapat menjadi  bahan referensi bagi mereka guna  peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Labuhan Batu.(sya/ds)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi