Damri Pemenang Moda Transportasi Koridor Carefoor-Kualanamu

MEDAN | DNA - Serangkaian persiapan perpindahan bandara Polonia Medan ke Bandara Kualanamu di Kabupaten Deliserdang terus dilakukan pembenahan terutama dalam akomodasi angkutan penumpang dengan layanan prima dan mudah terjangkau.

Untuk itulah setelah dilakukan seleksi oleh pihak panitia lelang angkutan pemadu moda angkutan darat, maka sebagai pemenang tender yang melayani mengangkut penumpang dari koridor Carefoor-Kualanamu dimenangkan oleh perusahan angkutan PT PT Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI).

Hal ini dikatakan, Ketua Panitia Lelang angkutan pemadu moda Bandara Kualanamu, Iswar saat dikonfirmasikan wartawan kantor Dishub Sumut, Senin (06/05/2013).

Menurut Iswar, nantinya pelayanan angkutan penumpang ini setiap 15 atau 30 menit sekali berangkat dari koridor carefoor menuju kualanamu dan sebaliknya, sedangkan ongkos yang dikenakan untuk penumpang perorangnya Rp 15 ribu dengan kapasitas 27 penumpang dengan fasilitas Full AC.

Begitu pula rute yang dilalui, Jalan Iskandar, Gajahmada, S Parman, Sudirman, Juanda, masuk jalan Tol dan kayu besar kemudian langsung ke bandara. Untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bus tidak bisa menaikan dan menurunkan penumpang selain di Carefoor dan Kualanamu.

Nah begitu juga untuk sarana transportasi taksi bandara kualanamu berdasarkan penilaian tender sebagai pemenangnya untuk 200 unit taksi dimenangkan oleh bluebird sebanyak 95 unit, Express sebanyak 45 unit, karya swadaya abadi sebanyak 39 dan nirmala cerah sebanyak 21 unit.

Saat ditanyakan mengenai nasib taksi yang kini beroperasi di Bandara Polonia, apakah nantinya bisa beroperasi di Kualanamu setelah dipindahkan, Iswar menyatakan bisa saja akan tetapi mereka harus memenuhi standart yang telah ditentukan termasuk penentuan tarif berdasarkan argo yang telah disesuaikan oleh pemerintah dan bukan berdasarkan perzona.

Nah apabila ada pelanggaran yang dilakukan oleh pihak perusahaan, maka sanksi segera dijatuhkan termasuk mencabut izin pengoperasian dari bandara kualanamu.

Begitu juga saat ini pihak panitia lelang tengah melakukan penilaian untuk akomodasi angkutan penumpang yang akan melayani koridor Amplas-kualanamu dan Binjai-kualanamu, yang diikuti oleh perusahaan transportasi diantaranya, Lorena, ALS, DAMRI dan Safari (bus perusahaan dari luar sumatra).

Untuk mengetahui siapa pemenangnya sekitar dua minggu lagi akan diumumkan, dimana kategori penilaian selain harus murah juga pelayanan harus prima sehingga tidak mengecewakan para penumpang.(dna|ams)  

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi