TP PKK Provinsi Sumut Laksanakan Supervisi di Sergai

SEI RAMPAH | DNA - Dalam era reformasi bangsa Indonesia tidak bisa melepaskan diri dari keharusan untuk ikut serta dalam arus globalisasi, maka PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) dalam perkembangannya harus memperhatikan kondisi kearifan lokal namun tetap dilandasi pemikiran masa depan dan memperhatikan keluarga, terutama faktor sosial, budaya dan ekonomi.

Hal ini dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. T. Erry Nuradi MSi dalam arahannya pada acara kunjungan kerja Tim Supervisi TP PKK Provinsi Sumatera Utara (Provsu) dalam rangka Supervisi 5 Desa Percontohan PKK Tahun 2013 yang dilaksanakan di aula Sultan Serdang kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.

Turut hadir Ketua PKK Provsu Hj. Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho beserta Tim Supervisi Provsu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (Bapemas) Salman Ginting, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Evi Diana Erry, Wakil Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman dan Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Kepala SKPD, Ketua TP PKK Kecamatan serta para kader PKK se-Sergai .

Lebih lanjut Bupati HT Erry Nuradi mengatakan dengan berlakunya otonomi daerah maka sifat kegiatan PKK adalah lokal tetapi dalam konteks pemikiran bersifat global. Hal ini mengharuskan TP PKK senantiasa meningkatkan mutu kinerja dan profesionalismenya sehingga gerakan PKK dapat berhasil mengembangkan kemampuan dan kepribadian perempuan serta anak pada umumnya.

Kepada warga desa binaan, Bupati Sergai menghimbau agar kegiatan desa percontohan PKK diharapkan dapat meningkatkan kemampuan di bidang pengetahuan ketrampilan, perekonomian dan bidang kesehatan. Hal ini akan terealisasi apabila kegiatan desa percontohan PKK tersebut mendapat dukungan dari berbagai instansi sektoral terkait, ujar Erry Nuradi.

Pelaksanaan supervisi yang akan dilaksanakan oleh TP PKK di desa-desa percontohan beserta lintas sektoral dalam rangka melakukan pembinaan dan evaluasi diharapkan dapat meningkatkan kondisi masyarakat melalui 10 Program Pokok PKK sekaligus dapat memberdayakan keluarga dalam menciptakan ketahanan keluarga, harap Bupati Erry Nuradi.

Dalam kesempatan yang sama Ketua TP PKK Provsu Ny. Hj. Sutias Hadayani Gatot Pujo Nugroho dalam sambutannya mengemukakan pembinaan desa tersebut diambil lima kegitan prioritas yang dilombakan sampai ke tingkat pusat.
 
Antara lain lomba desa tertib administrasi PKK, Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), pemanfaatan tanah pekarangan hatinya PKK, pemanfaatan hasil Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PTP2W-KSS). Lomba-lomba tersebut diadakan dalam rangka kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Nasional pada Mei mendatang, ujar Ny. Hj. Sutias Handayani.

Tujuan diadakannya lomba ini agar terlaksananya tertib administrasi PKK, berkurangnya KDRT untuk mendukung terwujudnya keluarga sejahtera dan mengoptimalkan usaha-usaha keluarga dalam upaya peningakatan pendapatan keluarga. Kemudian untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan memanfaatkan warung hidup dan Toga serta untuk mewujudkan ketahanan keluarga, jelas TP PKK Provsu.

Selain lomba di atas, TP PKK Provsu akan mengadakan lomba simulasi tentang pola asuh anak dikarenakan maraknya terjadi kenakalan remaja, penyakit masyarakat serta ketidakharmonisan keluarga. Hal ini menguatkan institusi keluarga dalam rangka pengarusutamaan keluarga dengan tujuan membentuk masyarakat yang lebih baik, pungkas TP PKK Provsu Ny. Hj. Sutias.

Sebelumnya Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Evi Diana Erry dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim supervisi yang berkenan hadir di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat dan mengharapkan dapat memberikan pembinaan dan pembekalan agar pengurus TP PKK Desa terpilih agar lebih meningkatkan kinerja dan menjalan program PKK secara maksimal.

Kelima desa percontohan PKK Kabupaten Sergai yakni desa tertib administrasi PKK Desa Jati Mulyo Kecamatan Pegajahan, desa PKDRT Desa Sei Buluh Kecamatan Perbaungan, desa UP2K Desa Bandar Magodang Kecamatan Bintang Bayu, desa pemanfaatan tanah pekarangan hatinya PKK Desa Dolok Sagala Kecamatan Dolok Masihul, desa pemanfaatan hasil Toga Desa Pulau tagor Kecamatan Serba Jadi dan desa PTP2W-KS, Desa Karang Anyar Kecamatan Pegajahan. (dna|nov)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi