Polisi Perketat Pengamanan Pelantikan Gubernur Definitif

MEDAN | DNA - Sedikitnya tiga ratusan personil aparat kepolisian jajaran Polda Sumatera Utara diturunkan mengamankan pelantikan Plt Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H. Gatot Pujonugroho menjadi Gubsu Definif Kamis (14/3/2013) di Ruang Paripurna DPRD Sumatera Utara Jalan Tuanku Imam Bonjol Nomor 5 Medan .  Berdasarkan pengalaman tidak sedikit oknum-oknum baik warga masyarakat awam maupun dari instansi lembaga tertentu memaksakan kehendak untuk memasuki gedung acara meskipun tidak mempunyai undangan.

Selain bergaji kecil dan fasilitas yang pas-pasan seorang polisi  “terpaksa”  untuk sabar dan tabah menghadapi berjuta ragam karakter masyarakat yang terkadang  “nyeleneh”.  Meskipun itu, terkadang datangnya dari seorang dewan terhormat di DPRD Sumatera Utara. Sikap saling menghargai, sopan dan santun terhadap aparat polisi yang bertugas berjaga-jaga dipintu masuk kurang dapat diperlihatkan sebagian para wakil rakyat yang berjumlah 100 orang tersebut.

Kesan itu, tertangkap wartawan ketika 5 pasang Cagub meyampaikan pemaparan visi misi di gedung Paripurna DPRD Sumatera Utara beberapa waktu lalu. Sebagian anggota dewan dengan wajah di sangar-sangarkan melenggang angkuh memasuki gedung paripurna tanpa menghiraukan aparat polisi yang bertugas jaga memeriksa tiap-tiap undangan yang dibawa masyarakat (constituen) sebagai tiket masuk ke ruang paripurna.

Tidak jauh beda dengan pemaparan visi misi Cagubsu, pada pelantikan Gubsu definitif hari ini sebagian orang yang mendatangi Rumah rakyat tersebut masih ada juga yang tidak memiliki undangan. Bedanya acara pelantikan ini kurang semeriah tatkala 5 pasang kandidat Gubsu memaparkan visi misinya,  sehingga permasalahan undangan secara otomatis berkurang seiring dengan jumlah masyarakat yang menurun menyaksikan pelantikan Gatot menjadi Gubsu Definitif.

Selain mengerahkan ratusan personil, kepolisian juga menurunkan armada water canon, puluhan person pasukan sepeda motor Sabhara yang terlihat duduk-duduk ngaso sambil berjaga di berem jalan Bank Mandiri/ Jalan Tuanku Imam Bonjol. Terlihat Kapolresta Medan H. Monang Situmorang, Kasat Intel Faisal Napitupulu, Doni Alexander dan sejumlah perwira polisi lainnya bergerak ke berbagai posisi diseputaran areal dalam dan luar gedung DPRD Sumatera Utara untuk melakukan pemantaun situasi netralitas pengamanan.

Pelantikan Gatot ini diwarnai aksi damai demo tunggal yang dilakukan seseorang yang belum di kenal identitas maupun muatan aksi demo yang diniatinya (karena keburu dihalau aparat polisi) di pintu gerbang masuk DPRD Sumut.  Selain itu puluhan aktivis, sejajar dengan barisan sejumlah papan bunga dipinggir jalan yang berdampingan dengan gedung pramuka Jalan Tuanku Imam Bonjol membagi-bagikan foto copyan berita penyelewengan Pemprovsu terhadap dana BOS dengan besaran Rp. 14,9 miliar.(sam/sugandhi) 

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi