Wali Kota Apresiasi Pelaksanaan Raker Kemenag Kota Medan

MEDAN | DNA - Wali Kota Medan diwakili  Kabag Agama dan Pendidikan Drs H Suaidi Lubis menghadiri  acara Rapat Kerja  Kementerian Agama (Kemenag) Kota Medan di Mikie Holiday Hotel and Resort  Brastagi yang berlangsung selama 3 hari mulai 8-9 Maret. Acara yang dibuka langsung  Kepala Kanwil Kemenag Propinsi Sumatera Utara  Drs H Abd. Rahim MHum ini selain bertujuan untuk memantapkan  program-program kerja  Kantor Kemenag Agama Kota Medan Tahun 2013, juga untuk melakukan  evaluasi pencapaian  hasil kerja tahun 2012 yang telah dilaksanakan dalam upaya meningkatkan pelayanan masyarakat dan umat beragama.

Dalam rapat kerja ini, Kemenag Agama Kota Medan akan melaksanakan 3 program yakni peluncuran buku profil masing-masing satuan kerja Kantor Kemenag Kota Medan tahun 2013. Di dalam buku profil ini memuat paraturan perundang-undangan terbaru yang berkenan dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing satuan kerja  di lingkungan Kemenag Kota Medan.

Kemudian Kemenag Agama Kota Medan melaksanakan dua bentuk Memorandum of Understanding  (MoU) dengan Bank Syariah Cabang Medan terkait penyelenggaraan    Payment point dan fasilitas  E-Payroll. Lalu kerjasama  dengan pihak LP3I dalam rangka percepatan peningkatan kualitas sumber  daya manusia  Kemenag Kota Medan dan siswa madrasah  sebagai respon kompetensi global yang modern dan kompleks.

Kepala Kanwil Kemenag Propinsi Sumatera Utara Drs H  Abd. Rahim MHum  dalam sambutannya mengatkan, rapat kerja ini  menjadi momentum yang penting dalam rangka sinergisasi pelaksanaan program dan penerapan  kinerja organisasi di Kantor Kemenag Kota Medan. “Melalui forum ini saya harapkan seluruh pejabat di lingkungan Kemenag Kota Medan bersama-sama mencermati    dan berbicara bersama-sama tentang  solusi berbagai masalah aktual terkait tentang pelaksanaan  tugas masing-masing,” kata Abd. Rahim.

Selanjutnya dia juga mengingatkan terkait berbagai isu tentang Kemenag, khususnya tugas Kepala Urusan Agama (KUA) Kecamatan terkait dengan penggratisan biaya pernikahan sesuai denganinstruksi Menteri Agama Republik Indonesia. Untuk itu perlu dicermati dan diberi masukan-masukan apa yang harus dilakukan  dalam pelaksanaannya.

“KUA dari kabupaten/kota di Indonesia akan diundang untuk memberikan masukan-masukan bagaimana teknis pelaksanaan pernikahan di kantor-kantor KUA sehingga pelaksanaan pernikahan digratiskan, sebab  dalam bulan-bulan ini  akan dilakukan pembicaraan terkait masalah tersebut di Kemenag Jakarta,” ungkapnya.

Sementara itu Wali Kota diwakili Kabag Agama dan Pendidikan Drs H Suaidi Lubis menyambut baik dan meberkan apresiasi atas digelarya rapat kerja dengan mengusung tema, “Mewujudkan Efektifitas dan Efisiensi Pelayanan dengan Meningkatkan Kinerja Menuju Kemenag Kota Medan yang Profesional. Diharapkkannya melalui raker ini, Kemenag agama dapat menghasilkan program-program kerja yanglebh baik lagi sesuai dengan motonya ramah pelayanan, tepat waktu dalam urusan, professional dalam tugas serta  ikhlas dalam berbuat.

Sedangkan Kepala Kemenag Agama Kota Medan H  Iwan Zulhami SH MAP berharap melalui rapat kerja  ini, seluruh jajaran di lingkungan Kantor Kemenag Kota Medan  akan lebih meningkat lagi. Di samping itu untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan   kepada masyarakat, khususnya warga Kota Medan terkait masalah keagamaan seperti pelayanan ibadah haji dan  pelaksanaan pencatatan pernikahan.

Khusus pelaksanaan pencatatan pernikahan, Iwan  berupaya akan lebih meningkatkan lagi agar masyarakat merasa  lebih puas dari  yang sebelumnya. Karenanya, dia menyambut baik keinginan  Menteri Agama  untuk menggratiskan biaya pernikahan bagi masyarakat. Namun untuk melaksanakan kegiatan itu, Iwan mengungkapkan perlunya kajian-kajian. Mengingat pencatatan nikah selama ini sering dilaksanakan di luar jam kerja dan di luar KUA seperti  rumah maupun masjid.

“Ini mungkin yang akan dilakukan kajian-kajian lagi. Yang pasti seluruh jajaran Kantor Kemenag Kota Medan siap melaksanakan rencana Menteri Agama tersebut, termasuk mesosialisasikan program ini kepada seluruh Petugas Pembantu Pencatat Nikah (P3N) dan masyarakat,” papar  Iwan.

Selain itu dia menambahkan, Kantor Kemenag  Kota Medan juga akan melaksanakan program Madrasah Terpadu sehingga menjadi salah satu ikon di Kota Medan. Serta  rencana pelaksanaan program pelayanan haji  One Stop Service agar pelayanan yang diberikan menjadi lebih baik dan memuaskan bagi para calon haji.(sam/mdn)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi