KPPS Batang Kuis Ikuti Simulasi Rekapitulasi Perolehan Suara Cagubsu

BATANG KUIS I DNA - Pelaksanaan Pilkada Sumatera Utara kurang dari sepekan lagi, seiring dengan itu, berbagai persiapan pelaksanaan di sejumlah daerah di Sumatera Utara pun ditingkatkan. Mulai dari persiapan logstik, hingga pembekalan para pelaksana di tingkat desa dan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Seperti yang terpantau di Kabupaten Deliserdang, Kamis (28/2/2013), sejumlah logistik pendukung pelaksanaan Pilkada, tampak sudah mulai didistribusikan ke masing-masing Kecamatan. Sementara, Panitia Pelaksana di tingkat Kecamatan (PPK), sudah mulai disibukan dengan pembekalan pengetahuan terhadap Kelompok Pelaksana Pemungutan Suara (KPPS).

Kecamatan Batang Kuis misalnya, 252 KPPS yang merupakan perwakilan dari masing-masing 84 TPS di Kecamatan ini, dilatih oleh PPK untuk memperoleh pembekalan seputar tata cara pemungutan suara, hingga rekaptulas perolehan suara Cagub dan Cwagub Sumut pada 7 Maret 2013 mendatang.

Ketua PPK Kecamatan Batang Kuis Nanang Ferioko, kepada DNAberita menyebutkan bahwa pelatihan itu sangat penting, mengingat hampir 40 persen KPPS di Kecamatan Batang Kuis merupakan personil pemula."kalau tidak kita bekali pengetahuan, bisa-bisa rekapitulasi yang mereka lakukan akan salah dan seterusnya sampai tingkat Provinsi akan mengalami kesalahan data, makanya perlu dilatih,"ujar Nanang.

Masih Nanang, dikatakannya bahwa dalam Pilkada Gubernur Sumatera Utara kali ini, ada yang berbeda dalam proses rekapitulasi. Dimana, pada Pemilihan Kepala Daerah maupun Pemilu lalu, pelaksana di desa (PPS) tidak melakukan rekapitulasi, melainkan hanya di tingkat TPS dan langsung ke PPK, namun kali ini PPS justru dibeban rekapitulasi tingkat desa,"di tingkat PPS dan KPPS kita lakukan simulasi perhitungan, untuk mengetahui sejauh mana nalar dan pemahaman mereka dalam mengisi formulir dan melakukan rekapitulasi suara pasangan calon,"sebutnya.

Sejauh ini, PPK Batang Kuis sendiri menilai, masih banyak KPPS dan PPS yang masih belum memahami betul cara melakukan rekapitulasi serta mengisi formulir rekapitulasi perolehan suara pasangan calon. Untuk itu, rencananya PPK Batang kuis ada kembali menatar ulang masing-masing PPS dan KPPS di Desa masing-masing, sebelum pelaksanaan Pilkada dimulai. (sya I ds)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi