Indonesia Perlu Tingkatkan Daya Saing

JAKARTA | DNA - Dengan fenomena integrasi ekonomi global yang tidak bisa dihindari, menuntun pada peningkatan kompetisi secara global. Oleh karena itu, Indonesia perlu meningkatkan daya saingnya. “Salah satu caranya adalah fokus pada pertumbuhan ekonomi yang inovatif dan bertransformasi ke arah knowledge based economy,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa dalam Rakernas BAPPEDA.

Menurutnya, sebuah survey dari ERIA mengungkapkan bahwa negara di kawasan Asia yang paling mudah dalam urusan kepastian investasi secara berurutan adalah Cina, Singapura, Thailand, dan Indonesia. Untuk itu, Indonesia harus bersiap menjadi kawasan produksi utama, tidak hanya sebagai pasar bagi negara lain.

“Untuk menjaga dan meningkatkan iklim investasi, diperlukan akselerasi pertumbuhan ekonomi,” katanya. Yang harus dilakukan pemerintah, termasuk juga Pemerintah Daerah adalah meningkatkan daya saing, pemerataan pembangunan, dan program perlindungan sosial.

Hatta sendiri berpesan kepada BAPPEDA agar dapat memaksimalkan instrumen belanja pegawai yang porsinya cukup besar dalam anggaran, sehingga pelayanan publik terus meningkat. “Sehingga dapat menumbuhkan iklim investasi yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing indonesia dalam persaingan ekonomi global,” pungkasnya.(sam/dpke)

 

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi