1.800 Desa Peroleh Bantuan Pemprovsu

MEDAN | DNA - Setelah tahun lalu memberikan bantuan dana Rp 50 juta kepada 1.000 desa tertinggal, maka tahun 2013 Pemprov Sumut meningkatkan jumlah bantuan yang diberikan. Tahun ini giliran 1.800 desa mendapatkan bantuan senilai Rp 50 juta agar lebih berdaya.
 
Demikian diungkapkan Plt Gubsu H Gatot Pujo Nugroho, ST saat memberikan pidato sambutan pada acara Deklarasi/pelantikan Pengurus Ormas Parade Nusantara ( Persatuan Rakyat Desa) DPW Provsu di lapangan Benteng Medan, Kamis (14/2/2013).  
 
Gatot menjelaskan pada Tahun Anggaran 2013 ini pihaknya mengalokasikan dana Rp 90 M untuk bantuan kepada 1.800 desa di 25 Kabupaten dan 1 kota di Sumut. "Pada tahap pertama yaitu tahun 2012 lalu ada 1.000 desa yang menerima bantuan. Dan tahap kedua, tahun ini kami mengalokasikan jumlah yang sama bagi 1.800 desa yang semuanya untuk merespon otonomi desa agar ke depan desa semakin berdaya," ujarnya.
 
Melalui dana bantuan senilai Rp 50 juta per desa yang diberikan kepada desa tertinggal diharapkan dapat menjadi stimulus pembangunan pedesaan bersama dengan alokasi dana desa (ADD) kabupaten masing-masing. Di Sumatera Utara terdapat 5.889 desa dan kelurahan, dimana 2.2876 diantaranya adalah desa tertinggal dan 2.352 desa berkembang. Sedangkan yang memiliki kantor hanya 1.963 desa, selebihnya masih menggunakan rumah pribadi sebagai kantor desa. Untuk itu, dengan bantuan yang telah diberikan diharapkannya dapat mendukung akselerasi pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. Serta menambah pendapatan desa yang dapat digunakan dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan kemasyarakatan.

Dalam sambutannya Gatot mengharapkan keberadaan Parade Nusantara di Sumut dapat mendorong pemberdayaan masyarakat perdesaan. "Semoga pengukuhan ini menjadi spirit dan motivasi bersama membangun sumut diawali dari desa. Saya berharap keberadaan Parade Nusantara Sumut menjadi mitra strategis bagi Pemrovsu maupun kabupaten kota untuk bersama memberikan informasi masukan perencanaan program dan rencana pembangunan yang diawali dari desa," ujar Gatot.

Dalam pengukuhan tersebut ketua Parade Nusantara pusat H Sudir Santoso SH MH melantik kepengurusan Parade Nusantara (Persatuan Rakyat Desa) yang diketuai oleh Hj Indah yang disaksikan langsung oleh Plt Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST dan Ketua Dewan Pembina Parade Nusantara Priyo Budi santoso. Parade Nusantara adalah sebuah organsasi kemasyarakatan yang anggota dan kepengurusannya adalah masyarakat pedesaan yang terdiri atas aparatur pemerintahan yaitu para kepala desa, mantan perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa, elemen kepemudaan anatara lain Karang Taruna Desa dan ibu-ibu penggerak PKK Desa.(sam/mdn)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi