9 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Manfaat bawang putih sangat baik bagi kesehatan, beberapa penelitian dan study telah membuktikan jika bawang putih baik untuk jantung bahkan dapat mencegah kanker. Sejak zaman Mesir kuno atau tepatnya 1550 sebelum masehi bawang putih sudah digunakan sebagai salah satu obat-obatan guna menyembuhkan berbagai jenis pernyakit.

Biasanya bawang putih hanya dikonsumsi dalam jumlah sedikit, itulah alasan mengapa komponen kesehatan yang terdapat di dalam bawang tidak bisa kita peroleh secara optimal. Di dalam bawang terkandung dosis vitamin C yang cukup tinggi, namun memperoleh manfaat vitamin C pada bawang secara optimal setidaknya kita harus mengkonsumsi 800 gram bawang putih, sementara bawang hanya kita gunakan sebagai pelengkap makanan saja. Itulah mengapa khasiat bawang putih kurang maksimal, padahal rempah-rempah ini memiliki banyak khasiat.

Kandungan dan Manfaat Bawang Putih
Khasiat yang dimiliki bawang putih tidak lain berasal dari beberapa vitamin serta mineral yang dikandungnya, diantaranya vitamin A, B, dan C, polyphenol dan sulfida, serta adenosin, juga potasium dan selenium. Selain itu  karena merupakan antimikrobial dan antiperadangan, bawang putih dapat membantu proses penyembuhan serta pencegahan infeksi. Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa manfaat bawang putih mampu menghalau kerusakan sel-sel dan perkembangan sel-sel tumor, hal ini dikarenakan efek antioksidan dari phytochemical yang dimiliki salah satu jenis tanaman rimpang ini. Antioksidan alami pada bawang putih dapat membantu sistem imun bekerja labih maksimal dalam menangkal radikal-radikal bebas, yang menyebabkan degenerasi dan penuaan dini.

Khasiat Bawang Putih
Sebuah penelitian yang pernah dilakukan di National Cardiological Research Center, Moskow berhasil menemukan adanya penurunan kolesterol sebanyak 7,6 persen yang dilakukan pada 42 subyek tes yang dilakukan selama 12 minggu masa terapi bawang putih. Jadi dapat kita simpulkan, dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin dapat mencegah aterosklerosis. Aterosklerosis sendiri adalah penyempitan pembuluh arteri karena penumpukan lemak dan kolesterol, yang menyebabkan stroke dan serangan jantung, Itulah manfaat bawang putih yang bisa kita peroleh jika mengkonsumsinya secara rutin.(nge)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi