Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Manfaat mendengarkan musik terbukti dapat membantu meningkatkan mood. Jika anda sedang bosan dan malas untuk melakukan pekerjaan maka cobalah untuk mendengarkan lagu favorit Anda.  Musik memiliki pengaruh kuat terhadap pikiran dan tubuh kita, itulah sebabnya mengapa musik dapat mempengaruhi mood dari si pendengarnya. Jika anda pecinta musik dan suka memutar lagu di sela-sela pekerjaan Anda, ternyata hal tersebut memiliki banyak sekali manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat mendengarkan musik.

Mengurangi Stres
Jika saat ini Anda sedang merasa cemas dan takut, cobalah untuk mendengarkan musik. Menurut data dari Asosiasi Terapi Musik di Amerika menunjukkan jika musik dapat membantu menghilangkan stres dan cemas berlebihan. Studi lain juga berhasil mengungkapkan jika pasien yang mendengarkan musik kesukaannya 30 menit sebelum melakukan operasi, tingkat stresnya berkurang dan membuatnya lebih santai. Jadi dapat disimpulkan manfaat mendengarkan musik sangat berguna sebelum menghadapi momen menegangkan dalam hidup Anda.

Meningkatkan Produktifitas Kerja
Pegawai muda memang cenderung memiliki konsentrasi yang lebih baik jika mendengarkan musik instrumental. Jenis musik ini dapat membantu anda fokus pada pekerjaan di kantor. Tapi beberapa lagu yang dapat mempengaruhi tingkat emosional anda justru malah akan mengganggu konsentrasi saat Anda sedang bekerja.

Meningkatkan Stamina
Saat sedang berolahraga pilihlah lagu atau musik dengan tempo yang agak cepat sehingga membuat anda lebih bersemangat dan kalori yang dibakarpun akan semakin banyak, karena tubuh kita seolah bergerak sendiri mengikuti alunan musik yang cepat.

Dampak Negatif Mendengarkan Musik dengan Volume Tinggi
Meskipun mendengarkan musik memiliki banyak manfaat, tetapi ada baiknya anda tidak memutar musik dengan volume yang keras. Alasannya selain bisa mengganggu orang lain, volume yang keras dapat mempengaruhi kesehatan pendengaran anda. Jika anda memutar musik dengan volume yang terlalu keras dapat menyebabkan potensi rusaknya gendang telinga. Jadi jika anda suka mendengarkan musik lewat perangkat portable melalui earphone ada baiknya jangan menggunakan volume maksimal. Itulah beberapa manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan Anda.(nge)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi