Silaturahim di Tanjungsari, Gatot Ajak Warga Mengamalkan Al-Quran

MEDAN | DNA - Al-Quran di wahyukan Allah adalah terdiri dari 30 juz. Semua surat dari Al-Fatihah sampai An-Nas, jelas memiliki keutamaan yang setiap umat Islam wajib mengamalkannya. Oleh karena itu sangat dianjurkan agar umat Islam senantiasa membaca Al-Qur’an. Dan kalau sanggup hendaknya menghatamkan Al-Qur’an.

Demikian ceramah yang disampaikan oleh Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST saat menghadiri acara pembacaan yasin tahtim, tahlil dan doa serta sambung rasa oleh STM Amal Ikhlas di Jalan Setia Budi/Ringroad Pasar II Gang Baru no 7 kelurahan Tanjung sari Medan, Kamis Malam (17/1/2013)."Anjuran Al-Quran adalah membaca  dan yang lebih penting lagi adalah memahami apa yang dimaksud ayat-ayatnya," ujar Gatot.

Seperti yang telah terulis pada surat Al-baqarah ayat 131 yang artinya adalah orang-orang yang telah diberikan alkitab mereka membaca dengan bacaan yang benar maka mereka itulah yang beriman kepada alkitab dan Al-Quran barang siapa kufur mereka adalah orang yang merugi.

Gatot Melanjutkan, bahwa setiap sesuatau ada jantungnya dan ada pula  hatinya. Nah, jantung dan hati Al-Quran itu adalah surat yasin. Karena memang pada surat yasin ini banyak fadhilah dan keutamaannya. Kebanyakan kaum muslimin membiasakan membaca surat Yasin, baik pada malam Jum’at, ketika mengawali atau menutup majlis ta’lim, ketika ada atau setelah kematian dan pada acara-acara lain yang penting lainya.

"Membaca surat yasin ini sebaiknya tidak hanya malam jumat tetapi dalam hadist barang siapa membaca surat yasin dipagi hari akan dimudahkan urusannya sedangkan jikalau membacanya disore hari akan dimudahkan di pagi hari," ujar Gatot.

Dalam pertemuan dengan warga Tanjungsari tersebut, Gatot mengajak warga yang hadir  untuk sama-sama membacakan doa dan dengan memulainya dengan surat Al-Fatihah.Saat membaca doa, Gatot tidak membaca dalam hati, tapi melafazkannya besar-besar dan secara perlahan dan tanpa diperintah warga yang hadir pun ikut mengikuti doa tersebut.

"Mudah mudah mengingatkan saya mengingatkan kita semua bahwa sebenarnya yang harus terus menerus diingatkan pada diri inilah yang diajarkan rasul mengawali mengawali dan menutup kegiatan dengan zikir," katanya.

Semoga, lanjut Gatot tak lupa mengajak dirinya dan semua yang hadir untuk selalu mencari keridhoan allah SWT dalam mengarungi kehidupan ini. Karena memang terkadang banyak orang yang lupa siapa dirinya dihadapan  Allah dan rasulnhya."Marilah kita tundukkan kepala seraya berzikir kepada Allah baik diwaktu pagi dan petang," ajaknya.(sam/mdn)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi