Fakultas Kedokteran Gigi Unand Membuka Klinik Gigi Umum

PADANG | DNA - Fakultas Kedokteran Gigi Unand membuka Klinik  Gigi Umum. Klinik Gigi ini diresmikan langsung oleh Rektor Unand Dr. H. Werry Darta Taifur SE, MA di Kampus Fakultas Kedokteran Gigi Jl. Perintis Kemerdekaan Jati Padang.

“Klinik Gigi ini terbuka untuk melayani masyarakat umum dengan harga pengobatan lebih murah  dari klinik gigi lainnya yang ada di Padang dan ini merupakan langkah awal pelayanan kesehatan gigi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas” ucap Rektor di awal sambutanya.

Rektor berharap Klinik Gigi Fakultas Kedokteran Gigi dapat berperan aktif mensukseskan program Kesehatan Kota Padang “bebas sakit gigi”, paling tidak di sekitar kampus. Rektor menyatakan, direncanakan pertengahan tahun mendatang klinik gigi yang ada sekarang ini akan dikembangkan menjadi Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM). Tujuan utama dari RSGM ini adalah sebagai media pendidikan serta menjadi salah satu tempat pusat penelitian bagi mahasiswa kedokteran gigi se-Sumatera. Disamping sebagai tempat pelayanan kesehatan bagi masyarakat, klinik gigi FKG Unand merupakan suatu terobosan baru sebagai tempat pembelajaran konkret bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Unand.

Pada kesempatan yang sama pimpinan klinik Gigi FKG Unand drg. Bambang Restiono, MMR menyatakan saat ini klinik Gigi FKG dapat melayani pasien 40 sampai 50 orang pasien setiap harinya.  Tenaga medis yang memberikan pelayanan  merupakan tenaga profesional dibawah pengawasan dokter senior dan dosen. Lebih lanjut drg. Bambang Restiono MMR menjelaskan jika klinik sudah menjadi Rumah Sakit Gigi dan Mulut akan disediakan 50 unit alat dental yang dapat melayani pasien yang lebih banyak lagi.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Dr. dr. Afriwardi, SP, KO dalam sambutanya menyatakan bahwa 95 persen masyarakat Indonesia beranggapan kesehatan gigi tidak terlalu penting. Masyarakat lebih cenderung memeriksakan gigi saat sakit, seharusnya pemeriksaan gigi dilakukan secara rutin. Untuk itu penting sekali adanya klinik gigi yang biayanya terjangkau oleh masyarakat hingga masyarakat dapat memeriksakan gigi mereka secara rutin. Lebih lanjut Dr. dr. Afriwardi berharap dengan adanya klinik gigi ini masyarakat lebih mudah mengakses pelayanan kesehatan gigi dan tak ada lagi masyarakat yang sakit gigi dan mahasiswa Unand dari berbagai fakultas agar dapat memanfaatkan Klinik Gigi ini semaksimal mungkin untuk perawatan gigi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang juga memberikan sambutan dalam acara peresmian ini. Ibu Kepala Dinas menyampaikan bahwa akan mendukung secara maksimal agar Klinik Gigi dapat menjadi RSGM dalam waktu dekat dan mengharapkan FKG terus memberi pengobatan dan pemeriksaan menyangkut  kesehatan gigi masyarakat, terutama masyarakat sekitar kampus, Kemudian Ibu Kepala Dinas Kesehatan berpesan agar semua kemudahan dan dukungan yang telah diberikan Pemerintah Kota Padang agar tidak disia-siakan.(sam/unand)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi