RS Murni Teguh Diharapkan Membawa Dampak Positif Bagi Medan

MEDAN | DNA - Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM berharap kehadiran Rumah Sakit  Murni Teguh di  Jalan Jawa Kelurahan Gang Buntu, Kecamatan Medan Kota mampu membawa dampak positif  dalam rangka mendukung program Pemko Medan untuk meningkatkan derajat kesehatan warga Kota Medan. Di samping itu dengan pengoperasian rumah sakit berkelas internasional tersebut, mampu meminimalisir warga Kota Medan yang pergi berobat ke luar negeri.

Harapan ini disampaikan Wali Kota ketika meninjau RS Murni Teguh didampingi Kadis Bina Marga Ir Gunawan Surya Lubis, Kepada Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Ir Sampurno Pohan dan Kabag Humasy Budi hariono SSTP MAP. Peninjauan ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kesiapan rumah sakit tersebut sebelum diresmikan Menko Kesra Agung Laksono dan Wamen Kesehatan Ali Ghufron Mukti, hari ini Rabu (12/12).

“Walaupun berkelas internasional, saya minta kepada pihak RS Murni Teguh untuk tetap mengutamakan pelayanan sosial, terutama bagi warga kurang mampu. Artinya, pihak rumah sakit harus melayani dulu pasien yang datang berobat. Jangan tanya status lebih dahulu, baru melayani. Hal ini penting guna mendukung program Pemko Medan dalam meningkatkan derajat kesehatan,” kata Wali Kota.

Ketika melakukan peninjauan, Wali Kota melihat peralatan medis yang dimiliki RS Murni Teguh sangat modern dan  bisa diketegorikan tercanggih di Asia seperti alat therapi radiasi linac untuk penyakit kanker. Selain itu rumah sakit ini juga dapat menagani 20  penyakit, termasuk penyakit jantung. Didukung lagi dengan kondisi rumah sakit yang  cukup nyaman serta dokter maupun perawat yang telah ditata untuk memberikan perawatan profesional.

“Jadi RS Murni Teguh benar-benar rumah sakit  berkelas internasional. Jadi saya harapkan kehadirannya mampu meminimalisir warga Kota Medan maupun Sumatera Utara untuk berobat ke luar negeri. Kita tadi sudah melihat, ada pasien yang selama ini bolak-balik berobat ke Singapura kini dirawat di RS Murni Teguh,” ungkapnya.

Sedangkan peluang untuk masyarakat miskin dapat berobat ke RS Murni Teguh, Wali Kota langsung  mengatakan kemungkinan itu  cukup terbuka. Hal itu dapat dilakukan melalui kerjasama dengan pihak provider.  Sebab,  RS Teguh Mulia telah mengalokasikan 30 persen pelayanan untuk warga  kurang mampu.

Direktur RS Murni Teguh dr Mutiara MKt  membawa Wali Kota melihat  langsung ruang Magnetik Resonasi Magig (MRI), ruang scanning, ruang Intalasi Gawat Darurat  (IGD), ruang radio terapi, ruang terapi radiasi untuk penyakit kanker dan ruang data.  Selanjutnya, Wali Kota juga menjenguk  sejumlah pasien yang dirawat di rumah sakit tersebut.

Sebelum melakukan peninjauan, Wali Kota didampingi Asisten Ekbag Ir Qamarul Fatah, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Ir Arif Trinugroho,  Plt Kadis Kesehatan dr Usma Polita dan Kabag humasy Budi Hariono STTP menerima  audiensi  pihak RS Murni Teguh. Dalam audiensi  itu  Wali Kota mempertanyakan persyaratan yang harus dipenuhi sebagai persyaratan berdirinya rumah sakit, termasuk amdalnya dan  izinnya sebelum diresmikan.

Terkait dengan masih adanya rumah sakit yang belum memiliki amdal, Wali Kota menegaskan akan segera menertibkannya dan melakukan penataan. Untuk itu  Wali kota memerintahkan Kepala BLH Kota medan untuk melakukan verifikasi terhadap seluruh rumah sakit . “Walaupun tipe apapun, rumah sakit harus memiliki amdal. Kepala BLH harus melakukan verifikasi untuk mengetahui rumah sakit mana yang belum memiliki amdal!” tegasnya.

Direktur RS Murni Teguh dr Mutiara MKt   mengaku telah memenuhi seluruh persyaratan tersebut. Di samping itu dia mengungkapkan pihak rumah sakit juga telah menjaga efek radiasi yang timbul terhadap pasien yang menggunakannya. Dijelaskannya, RS Murni Teguh berlantai 9, lantai 2 khusus untuk dokter praktek. RS Murni Teguh merupakan wilayah center poin berdampinggasn dengan hotel dan mall.(sam/mdn)

1 Responses

  1. ernawati sinaga

    rs murni teguh is the best............mudah2an tetap jaya dan makin berkembang

  2. << First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi