Dampak Negative Mendengarkan Musik Saat Tidur

Buat sebagian orang, kebiasaan tidur sambil mendengarkan musik membuat mereka lebih cepat tertidur. Namun pada kenyataannya, setelah terbangun mereka merasa lebih tegang (stress). Bahkan ada yang merasa seperti tidak tidur semalaman.

Sebenarnya, saat tertidur, otak tidak pernah tidur. Otak selalu menjalankan aktivitasnya walaupun tidak sesibuk seperti di saat bangun, yaitu menjalankan sistem metabolisme tubuh.

Seiring menurunnya aktivitas tubuh, ritme gelombang otak pun mengalami penurunan. Namun apabila Anda tidur sambil mendengarkan musik, televisi dalam keadaan hidup atau lampu ruangan sedang menyala terang, maka gelombang suara atau cahaya yang dipancarkan oleh peralatan tersebut tetap diterima oleh indera pendengaran dan penglihatan Anda.

Gelombang suara diterima oleh alat pendengaran di dalam telinga dan gelombang cahaya tetap dapat menembus kelopak mata dan diterima oleh retina dan lensa mata. Gelombang-gelombang tersebut akan diteruskan ke otak.

Otak yang harusnya beristirahat akan kembali terangsang untuk bekerja dan mengolah informasi yang masuk. Apabila hal ini berlangsung sepanjang malam, berarti Anda hanya tidur menurut tubuh luar, tetapi tidak menurut otak.

Jadi jangan biarkan otak Anda kelelahan karena harus tetap bekerja pada malam hari. (R-06/berbagai sumber)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi