Kegiatan Bulan Balita Dan Bina Generasi Muda Remaja Kota Medan Digelar

MEDAN | DNA - Walikota Medan diwakili Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan H Damikrot Harahap S Sos MSi membuka acara kegiatan Bulan Balita ke-30 dan Bina Generasi Muda Remaja Kota Medan, ) di gedung Darma Wanita Medan.

Walikota Medan diwakili Kepala BPM Kota Medan H Damikrot Harahap S Sos MSi dalam sambutannya mengatakan, balita merupakan masa dimana seorang anak benar-benar berada dalam pelukan keluarganya, berbagai asupan gizi diberikan untuk menjaga kualitas kesehatannya, pembelajaran sedikit demi sedikit mulai diajarkan untuk melatih otak kanannya, diketahui otak kanan manusia berfungsi untuk kreatifitas.

“ Anak-anak dedngan mudah menangkap hal-hal yang berhubungan dengan kesenian dan keterampilan, seperti bercerita, bentuk-bentuk kegiatan yang dapat melatih otak mereka dan lain sebagainya, “ ujar Damikrot.

Dikatakannya, usia balita ini harus mendapat perhatian ekstra karena merupakan masa awal pertumbuhan, pada usia balita anak juga semestinya mengkonsumsi makanan yang bergizi, beragam dan berimbang untuk menunjang tumbuh kembangnya, kita juga harus menyediakan fasilitas dimana balita kita mendapat gizi yang baik, ruang belajar, mengenal keluarga dan lingkungan disekitar rumah, menumbuhkan kreatifitas, bila semua dapat kita lakukan dengan baik, kita yakin anak-anak akan tumbuh menjadi remaja yang cerdas dan kreatif.

Ditambahkan, remaja adalah masa dimana seorang anak mulai menerapkan nilai-nilai dan norma yang didapat ketika kanak-kanak, kehidupan remaja seharusnya dipenuhi dengan kegiatan yang mengasah kreatifitas, belajar mengembangkan potensi diri dan mulai menentukan cita-cita didalam kehidupannya sendiri.

“ Bulan balita ke-30 dan bina genertasi muda/remaja merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya untuk memberikan motivasi dan dorongan kepada para generasi muda untuk berkreasi serta menunjukkan kebolehan dalam perlombaan yang akan melatih mereka dalam berkompetisi, “ ungkapnya.

Kepada peserta generasi muda/remaja dimintakan untuk menunjukkan penampilan terbaik, tunjukkan bahwa anak-anak dan remaja Kota Medan adalah generasi muda yang cerdas, sehat, kretaif dan memiliki daya saing yang kuat, dan kepada TP PKK agar tersu meningkatkan kerja sosdialnya untuk bertupaya memberdayakan masyarakat khususnya keluarga demi peningkatan kesejahteraan.

Wakil Ketua TP PKK Kota Medan Nyonya Asmalita Zulkarnaen dalam sambutannya mengatakan, kegiatan bulan balita dan bina generasi muda/remaja ini dinilai memiliki begitu banyak arti dan makna, PKK merupakan pendamping dan mitra kerja pemerintah memiliki program kerja pokok sampai ke lingkungan, kegiatan yang kita gelar ini merupakan penjabaran nyata dari 10 program pokok PKK, sekaligus millennium development goals (MDGs) salah satunya adalah bulan balita dan bina generasi muda/rfemaja yang dilaksanakan ini.

Menurutnya, kegiatan ini tujuannya memberikan pembelajaran sekaligus pembekalan khsusunya kepada anak-anak balita yang dikemas dengan perlombaan-perlombaan yang dapat mengasah dan melatih kreatifitas, juga kemampuan tumbuh kembang otak balita serta membina kemandiriannya sejak dini.

Adapun lomba pada acara ini untuk balita, adalah lomba bercerita cinta tanah air, lomba menyususn balok dan lomba mandiri, sedangkan untuk generasi muda/remaja adalah lomba pidato mencegah kekerasan dalam rumah tangga, lomba pen yuluhan PAUD, dan l;ombaPHBS, kreterian balita adalah dari ujmur 36 bulan sampai berumur 59 bulan, sedangkan untujk generasi muda/remaja berumur 14 sampai 18 Tahun.(sam/mdn)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi