Tim Kejatisu "Periksa" Dugaan Proyek Rutin Bermasalah Di T.Tinggi

T.TINGGI | DNA - Diduga sejumlah proyek rutin bermasalah, empat orang Tim Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) ‘mendatangi’ Dinas Pekerjaan Umum (PU) di Jalan Gunung Leuser Kota Tebingtinggi. Kedatangan Tim Kejatisu tersebut ditemani oleh Kasi Intel Kejari Kota Tebingtinggi Ichwan Effendi, SH.

Informasi yang dihimpun di Dinas PU Kota Tebingtinggi, kedatangan mendadak Tim Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara tersebut dalam rangka pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan) berkaitan dengan adanya laporan dari masyarakat/LSM dari Kota Tebingtinggi yang menyebutkan bahwa sejumlah proyek rutin APBD T.A 2011 banyak menuai masalah.

Namun saat dugaan tersebut dipertanyakan kepada Tim Kejatisu, tak satupun dari mereka yang berani menjawab sejumlah pertanyaan yang dilontarkan sejumlah wartawan yang sejak awal telah menunggu tim kejatisu tersebut keluar dari ruangan Kadis PU, Ir Mhd Nurdin, “Kami tidak berani memberikan keterangan kepada saudara-saudara, karena bukan kapasitas kami menjelaskan apa maksud kedatangan kami kemari, silahkan konfirmasi ke M Simare-mare SH saja, sebab beliau adalah Humas nya”, ujar salah satu tim Kejatisu yang mengaku bermarga Manalu sambil ke empat orang dari kejatisu tersebut masuk ke dalam mobil Avanza hitam B 8558 WI.
 
Begitu juga dengan Kasi Intel Kejari Tebingtinggi, Ichwan Effendi SH mengaku bahwa pihaknya hanya mendampingi kedatangan tim kejatisu saja, “Saya tidak tahu persis. Tim kejatisu hanya datang ke Kejari Tebingtinggi lalu meminta kepada kami untuk menemani mereka ke Kantor Dinas PU Kota Tebingtinggi. Kabarnya kedatangan mereka hanya dalam rangka memeriksa hasil pelaksanaan proyek rutin di Dinas PU Kota Tebingtinggi pada anggaran Tahun 2011”, aku Ichwan tanpa mau menyebutkan jenis-jenis proyek rutin yang diduga bermasalah tersebut.
 
Usai kepulangan tim Kejatisu di Dinas PU Kota Tebingtinggi, Sekretaris Dinas PU Kota Tebingtinggi, Suarni Lubis mengatakan, bahwa kedatangan tim kejatisu hanya ingin mempertanyakan proyek rutin jalan dan drainase pada APBD T.A 2011 Kota Tebingtinggi, diantaranya yang berada di Jalan Sutoyo, Jalan Pringgan, Jalan Bangau dan Jalan Gunung Leuser.
 
Namun Suarni enggan merincikan secara detail substansi yang disinyalir menuai masalah tersebut, “Kedatangan mereka hanya meminta keterangan terkait proyek-proyek itu, kemudian meminta berkas-berkasnya”, ujar Suarni sambil menjelaskan bahwa disaat tim kejatisu datang, Kadis PU Tebingtinggi, Ir M Nurdin tidak berada di kantornya.
 
Dalam hal memberikan keterangan seputar proyek di hadapan tim kejatisu yang datang, Suarni juga ditemani oleh dua orang staff Dinas PU, diantaranya Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Jamah Sari ST dan Busmin Napitupulu, “Selesai memintai keterangan, tim kejatisu langsung meninjau ke lokasi proyek dengan ditemani oleh KPA dan PPTK Dinas PU, Amir Hamzah”, bilang Suarni.
 
Menurut Suarni, kedatangan tim Kejatisu tersebut tidak diketahui sebelumnya, “Kedatangan mereka tiba-tiba dan mengejutkan. Begitu tim kejatisu sampai di kantor Dinas PU, mereka langsung menunjukan surat perintah dari Kajatisu untuk melaksanakan pemeriksaan terhadap proyek-proyek rutin di Dinas PU ini. Kabarnya kedatangan mereka karena ada laporan dari masyarakat/LSM yang mensinyalir proyek-proyek tersebut bermasalah”, bilang Suarni.(sam/tt)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi