Peringatan Hapernas 2012 Bupati Langkat Serahkan Dana BSPS

STABAT | DNA - Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH menyerahkan dana Bantuan Stimulan Perumahan
Swadaya (BSPS) secara simbolis kepada 5 orang Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) masing-masing sejumlah Rp. 6 juta dalam bentuk buku tabungan ditambah bantuan Bupati berupa uang tunai Rp. 1 juta, dalam apel gabungan yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2012 di halaman Kantor Bupati Langkat.

Penyerahan tersebut didampingi  Sekda Surya Djahisa, Asisten Adm. Ekbangsos Indra Salahuddin, Staf Ahli Bidang Pembangunan Edi Dharma Tarigan dan Pimpinan BRI Cabang Stabat Gatot Purwo Cahyadi juga Camat Stabat M. Nurta, Kades/Lurah maupun TPM dan UPK selaku pendampingan di masyarakat.

“Manfaatkan bantuan ini sesuai peruntukkannya dan saya minta instansi terkait untuk terus memberikan kemudahan bagi lancar dan suksesnya Program Perumahan Layak Huni di Kabupaten Langkat,” ujar Ngogesa yang baru saja menerima penghargaan Pemerintah Pusat karena daerahnya kategori Kabupaten Layak Anak 2012.

Sebelumnya Ngogesa menyampaikan sambutan tertulis Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz yang menyatakan Peringatan Hapernas seyogyanya dilaksanakan tanggal 25 Agustus, yang didasarkan pada pelaksanaan Kongres Perumahan di Kota Bandung pada tanggal 25 Agustus 1950 yang waktu itu dibuka oleh Wakil Presiden RI pertama Moh.Hatta.

Namun karena tanggal tersebut tahun ini bersamaan dengan libur Idul Fitri, sehingga pelaksanaannya diundurkan pada bulan Oktober. Sesuai dengan tema peringatan “Melalui Momentum Hapernas Kita Tingkatkan Pembangunan Perumahan Untuk Kesejahteraan Rakyat”, hal tersebut dimaksudkan bahwa perumahan memiliki peran penting dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan sebagai hak dasar yang fundamental bagi setiap orang untuk dapat hidup dan menikmati kehidupan yang bermartabat.

Pemerintah bertanggung jawab memampukan masyarakat dan menyediakan kawasan permukiman serta peningkatan kualitas, yang pembinaannya dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Pusat, Propinsi maupun Kabupaten/Kota.

Sementara itu, Kabupaten Langkat sendiri tahun 2011 telah mendapatkan BSPS untuk700 MBR dan
tahun 2012 diusulkan 1.130 MBR yang 499 diantaranya sedang berlangsung prosespencairan, sementara Pemkab Langkat telah mengalokasikan dana sharing Rp. 1Miliar bagi dukungan program dimaksud. Berikutnya  usulan pada APBN-P 2012, Pemkab Langkat kembali  bersiap mengajukan ke Kemenpera sebanyak 1.000 MBR dan tahun 2013 direncanakan alokasi mencapai 2.500 MBR.

Adapun penerima bantuan simbolis tersebut keseluruhannya dari Kecamatan Stabat yakni Suparman (Kwala Begumit), Ratna dan Asmanuddin (Ara Condong) serta Bejo dan Lim Min Phen (Kel. Perdamaian). “Alhamdulillah terima kasih saya kepada Bapak Bupati karena beliau selalu peduli kepada kami masyarakat kecil,” ungkap Ibu Ratna salah seorang penerima dana dimaksud dengan penuh syukur dan keharuan, guna memperbaiki rumah tempat tinggalnya.(DNA/Novriandy)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi