Tingkatkan Profesionalisme Aparatur Lewat Rakor Teknis Kediklatan

MEDAN | DNA - Pendidikan dan Pelatihan  Aparatur merupakan bagian dari investasi Sumber Daya Manusia yang bertujuan untuk meningkatkan  profesionalisme aparatur dalam melaksanakan tugas guna keberhasilan pencapaian visi dan misi organisasi ataupun pemerintah daerah. Oleh karena itu sebagai investasi maka pendidikan dan pelatihan aparatur harus dilaksanakan secara profesional yang diikuti tuntutan perubahan lingkungan.

Hal itu dikatakan Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST diwakili Asisten Administerasi Umum dan Aset Setdaprovsu  H  Hasban Ritonga  SH  pada Acara Pembukaan Rapat koordinasi Teknis Kediklatan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota Se-Sumatera Utara di Hotel Dharma Deli Jalan  Balaikota Medan.

Menurut Plt Gubsu, tuntutan terhadap tugas pemerintahan yang harus dijalani kedepan  akan semakin  berat dan kompleks namun semua itu tetap saja harus ditangani secara baik, cermat, cepat, tepat dan akurat agar mampu memenuhi harapan dan mengatasi persoalan yang dihadapi masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut menurutnya peran aparatur birokrasi di daerah harus semakin handal dalam menopang pelaksanaan fungsi-fungsi yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah baik dalam hal pelayanan dan pengaturan maupun pembaharuan dan pemberdayaan, untuk melakukan hal tersebut bukanlah hal yang mudah apalagi potret birokrasi saat ini masih sering dipersepsikan pada hal-hal yang cendrung negative.

Kepada para Panitia dan peserta Rapat Koordinasi Gatot  mengharapkan kegiatan  Rakor ini dapat dijadikan wahana untuk semakin meningkatkan keterpaduan dan sinergisitas dalam pengelolaan kediklatan sebagai bagian penting yang tidak bisa dipisahkan untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang semakin berkualitas dan senantiasa dilandasi prinsip-prinsip Good Governance.

Panitia Pelaksana Rapat Koordinasi Teknis Kediklatan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/ Kota Se-Sumatera Utara disampaikan Rosma Simatupang  SE  mengatakan,  Rakor ini diadakan mulai tanggal 3 s.d 5 Oktober 2012 dengan peserta para Kepala Bidang Diklat pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Kantor Diklat Kabupaten/ Kota Se-Sumatera Utara.

Tak hanya itu, kegiatan juga melibatkan para 59 Pejabat yang menangani Pengelolaan Peningkatan Aparatur pada Badan/ Balai Diklat di Lingkungan Provinsi Sumatera Utara dan menghadirkan  para narasumber diantaranya Kasubbag Penyusunan Program dan Anggaran Badan Diklat Kemendagri Catur Denny A ST.

Sedangkan tujuan Rakor menurut Rosma adalah untuk meningkatkan kualitas koordinasi dan sinergitas program dalam mengoptimalisasikan penyelenggaraan Diklat antar lembaga yang bertugas dan berfungsi di bidang kediklatan baik di tingkat pusat maupun daerah, dan meningkatkan kualitas koordinasi penyelenggaraan kediklatan antar lembaga yang menangani kediklatan baik di tingkat pusat maupun daerah seta meningkatkan pemahaman dan kesatuan persepsi stakeholders atas kebijakan kediklatan tentang peningkatan kapasitas aparatur pemerintah daerah.(sam/mdn)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi