Disinyalir Belum Kantongi Izin, PT Sabas Nekad Beroperasi

LUBUK PAKAM I DNA - Meski disinyalir belum memiliki izin, namun PT Sabas malah nekad beroperasi. Perusahaan yang bergerak di bidang penetasan ayam dan beroperasi di Dusun III Desa Sei Tuan Kecamatan Pantai Labu itu malah berani mendirikan bangunan di lokasi yang diperuntukkan untuk pertanian tersebut.

Informasi diperoleh, Desa Sei Tuan yang  terdiri dari tiga Dusun itu merupakan lumbung beras Kabupaten Deli serdang. Namun entah bagaimana, kampung yang bertetanggaan dengan wilayah Kecamatan Batang Kuis ini menjadi tempat berdirinya perusahaan ternak yang telah  ditembok keliling itu, persis bersebelahan dengan perkampungan warga Dusun III dan Kantor Desa Sei Tuan.

Sekretaris Desa Sei Tuan, bermarga Sinaga, ketika ditemui di Pos Kamling yang tepat berada di depan perusahaan yang  berdiri sejak Nopember 2011 silam itu, mengakui sepengatuhuannya hingga saat  ini perusahaan itu belum memiliki izin mendirikan bangunan (IMB), HO (izin  lingkungan), maupun izin peruntukan dan amdal. Meski sebagai aparat desa,  dia tidak bisa berbuat banyak. Karena terbukti perusahaan yang dulunya  memohon izin hanya untuk usaha penetasan ayam itu bisa berubah menjadi  peternakan ayam pedaging.

Selain itu, luas lahan yang dimohonkan perusahaan itu ke pemerintah desa seluas 6,7 Ha. Namun belakangan bisa bertambah luasnya  sekitar 9 Ha. Hal itu pun membuat pejabat desa  semakin bingung melihat geliat pembangunan perusahaan yang hingga saat ini telah memiliki 4 kandang ayam dengan jumlah  ayam setiap kandang sekitar 8 ribu ekor. Fantastis, dalam sekejap saja, perusahaan yang beroperasi diduga tanpa izin itu bisa panen ayam 32 ribu ekor yang kerap menimbulkan bau kotoran ayam bagi warga di desa tersebut.

Mandor Lapangan PT Sabas, Ujang, kepada wartawan  mengaku dalam seminggu terakhir perusahaan telah menjual ayam hasil operasi perusahaan. Ujang pun tidak mengetahui secara pasti terkait izin yang  dimiliki perusahaan. “Aku hanya mandor lapangan saja, aku tidaktahu soal  izin perusahaan. Maaf bang, aku lagi meeting sama bos lewat handphone” jawabnya singkat melalui sms nomor berbeda.(sya/ds)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi