Temu Orangtua Maba dengan Pimpinan Universitas

YOGYAKARTA | DNA - Sebanyak lima ribu orangtua mahasiswa baru (maba) tahun 2012, mewakili 9.753 orangtua mahasiswa baru, melakukan pertemuan dengan pimpinan universitas dan fakultas di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM. Pertemuan bertujuan untuk merajut komunikasi antara UGM dengan orangtua mahasiswa baru khususnya dalam upaya mendidik putra-putri mereka yang telah diterima kuliah di UGM.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab tersebut Rektor UGM Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc. menegaskan kembali posisi UGM sebagai universitas nasional, universitas kebangsaan, universitas perjuangan dan kerakyatan yang selalu berpegang teguh kepada Pancasila. Rektor mengatakan di dalam mendidik para mahasiswa, UGM tidak hanya mendidik mereka agar menguasai iptek namun juga sekaligus integritas moral yang tinggi.

"Bagaimana agar kita bisa bersama-sama mendidik anak-anak tidak hanya terampil dan menguasai iptek tetapi sekaligus memiliki integritas moral yang tinggi,"kata Pratikno.

Sebagai upaya untuk menyiapkan mahasiswa baru dengan dinamika universitas mereka diperkenalkan melalui Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM 2012 "Palapa". Kegiatan ini menurut Pratikno juga bertujuan menyiapkan para mahasiswa agar nantinya bisa memecahkan persoalan bangsa dengan sinergi ilmu yang berbeda-beda.

"Misalnya persoalan pangan. Persoalan pangan tidak bisa diselesaikan hanya dari sisi pertaniannya, tetapi juga melibatkan energi, teknologi, politik, keuangan dan landasan hukum. Dengan spirit sumpah Palapa kita membiasakan agar mereka bisa berinteraksi antar ilmu yang berbeda,”katanya.

Rektor pada acara tersebut juga menyinggung upaya UGM untuk meningkatkan akses pendidikan bagi keluarga miskin maupun yang berasal dari daerah luar (perbatasan). Kerjasama dengan lembaga-lembaga pemberi beasiswa pun terus ditingkatkan.

Senada dengan Rektor, Direktur Kemahasiswaan UGM Dr. Senawi, M.P. mengakui adanya peningkatan berbagai prestasi tingkat nasional dan internasional yang telah diraih mahasiswa UGM. Di tahun 2012 ini tercatat telah ada 130 prestasi tingkat nasional dan internasional yang telah diraih.

“Prestasi bisa dilihat antara lain tim mobil formula BIMASAKTI UGM saat ini siap berlaga pada kompetisi di Jepang. Tim robot kita juga akan berlaga di AS,”tutur Senawi.

Sementara itu Dr.Hariyadi Wirawan (Ketua Departemen Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI) selaku wakil orang tua dari Endi Haryo Prabowo (IUP Fakultas Ekonomika dan Bisnis) dalam sambutan mewakili para orangtua mahasiswa baru mengaku bangga putranya bisa diterima di UGM. UGM menurut Hariyadi merupakan pilihan yang tepat untuk menuntut ilmu bagi putra-putri mereka.

“UGM adalah universitas terbaik, terbesar dan tertua di Indonesia. Kita bangga bisa menyekolahkan anak-anak di sini,”papar Hariyadi.

Pertemuan pimpinan universitas dengan orangtua mahasiswa baru dilengkapi dengan pemberian paparan visi dan misi UGM oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. dr. Iwan Dwi Prahasto, M.Med.Sc., Ph.D. serta dimeriahkan tari Candu Raras yang dibawakan oleh tim tari UGM. (sam/ugm)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi