Sumut Kekurangan 3.326 Tenaga Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan

MEDAN | DNA - Kepala badan Koordinasi Penyuluhan (Bakorluh) Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Sumatera Utara Ir Bonar Sirait MSi mengakui Provinsi Sumatera Utara (Sumut) saat kekurangan tenaga penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan sebanyak 3.326 penyuluh. Akibat kekurangan tenaga penyuluh, target surplus beras dan bahan pangan lainnya menjadi terhambat.

Kekurangan jumlah penyuluh, menurut Kepala Badan Koordinasi Penyuluh (Bakorluh) Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Provinsi Sumut Bonar Sirait akan berdampak pada melesetnya target pencapaian panen padi dan bahan pangan lainnya.

Peran penyuluh yang sangat penting, kata Sirait tidak bisa digantikan siapapun. Sebab, penyuluh menurut Sirait memahami karakter petani dan terbiasa memberi motivasi selain menguasai teknologi pertanian, perikanan dan kehutanan.

" Karena begitu pentingnya peran penyuluh,  Bakorluh Provinsi Sumut  mengusulkan kepada pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang pertanian untuk  menambah jumlah penyuluh di tiap desa, " kata Sirait.

Idealnya, masih menurut Sirait, Sumut dengan 5.768 desa dan 388 kecamatan memiliki 6.537 tenaga penyuluh. Namun jumlah tenaga penyuluh yang ada saat ini, kata Sirait hanya 3211 orang dengan rincian 1.217 penyuluh pertanian, 100 penyuluh kehutanan dan 60 tanaga penyuluh perikanan.  Kekurangan tenaga penyuluh saat ini diatasi dengan merekrut tenaga harian lepas dengan sistim out-sourching sebanyak 92 orang. (sam/mdn)

1 Responses

  1. EDO

    BANYAK BACOT, ALASAN AJA ITU

  2. << First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi