Gambar Design Rumah Mungil

Keberadaan sebuah gambar desain rumah tidak akan lepas dari keaadaan lingkungan alam disekelilingnya. kondisi alam juga dapat mempengaruhi penghuni desain rumah yang ada didalamnya. Agar lingkungan alam tidak memberikan dampak buruk bagi penghuni gambar rumah maka alangkah baiknya design rumah disesuaikan dengan kondisi alam.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk dapat menyesuaikan gambar desain rumah dengan kondisi alam sekitar. misalnya:
1. Buatlah gambar design rumah dengan mengurangi adanya dinding sekat pembatas puangan.Ruangan yang menyatu untuk berbagai fungsi, contohnya Ruang Tamu dan Ruang keluarga tidak dipisahkan dengan dinding menjadi dua ruang. tetapi cukup dengan variasi perbedaan ketinggian lantai atau menggunakan partisi yang tidak permanent.

2. Buatlah Ventilasi pada bagian Depan desain gambar, gambar design Belakang, gambar desain Samping Kiri dan gambar desain Samping Kanan Dinding Bangunan.Ventilasi ini akan berfungsi sebagai jalur masuk dan keluarnya aliran sirkulasi udara. Ventilasi dapat dibuat menyatu diatas kusen pintu atau jendela design rumah.

3. Buatlah gambar design Ventilasi dibagian Dinding Sopi-sopi.
Ventilasi pada design gambar sopi-sopi berfungsi sebagai aliran masuk dan keluarnya udara pada ruang diantara desain gambar plafond dan genting (ruang loteng). Karena gambar rumah ruang ini sangat berpotensi menyalurkan radiasi panas yang berasal dari bahan penutup atap dan berpengaruh pada ruang yang ada dibawahnya.

4. Tambahkan Alat Untuk Mengalirkan Panas dari dalam design gambar Rumah, Seperti Exhaust dan Cooker Hood.Alat ini digunakan untuk menyalurkan panas, asap dan sekaligus bau yang dihasilkan dari aktivitas memasak didapur.

5. Pilihlah Bahan Atap yang dapat Melindungi dan Menyerap Panas Sinar Matahari dengan Baik.
Genting yang terbuat dari tanah liat atau keramik adalah salah satu bahan yang baik untuk meredam panas. selain itu, dibawah penutup atap anda dapat menambahkan lembaran bahan insulator.

6. Rencanakan Agar Dinding Terluar dari desain rumah memiliki Jarak Kosong denganDinding Pagar Halaman.Hal ini sangat membantu dalam proses pendinginan alami, karena aliran angin tidak terhalang langsung oleh dinding dan bisa langsung masuk kedalam gambar design rumah. jika lokasi kavling tidak terlalu besar, maka dapat dibuat alternative dengan dinding tekuk sudut.

7. Rencanakan Ketinggian Plafond Agar Melebihi dari 3meter.
Ketinggian plafond ini akan menghambat proses pemanasan yang terjadi didalam ruangan. panas yang ada akan dapat cepat dinetralisir oleh aliran angin yang masuk.

8. Butlah Sudut Kemiringan Atap yang lebih Besar, Sehingga didapatkan Ukuran Ruang Loteng yang lebih Luas.Hal ini akan memperlambat proses pemanasan dari radiasi panas genting yang terjadi diruang loteng. kondisi ini akan membuat ruang loteng akan lebih cepat dingin karena hawa panas didinginkan oleh aliran udara yang masuk, dan keluar melalui ventilasi. (kharianto)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi