44 Calon Panwaslu Kabupaten/Kota Tak Lulus

MEDAN | DNA - Tim Seleksi Anggota Panwaslu Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara mengumumkan hasil seleksi administrasi Calon Panwaslu di 32 Kabupaten/Kota se Sumatera Utara. Dari 579 yang memasukkan berkas pendaftaran, sebanyak 41 orang pendaftar tidak lulus berkas dan tiga orang mengundurkan diri.

"Sedangkan yang lulus seleksi administrasi Calon Anggota Panwaslu Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara sesuai pengumuman Nomor: 08/Timsel-Panwaslukada Kab/Kota Sumut/VII/2012, sebanyak 535 pendaftar,” ujar Ketua Timsel Drs Zulkarnain Nasution MA didampingi Sekretaris Juni Sitanggang SH dan Anggota Sofyan Shauri Nasution SE di Kantor Timsel, Jalan Airlangga No 16 B, Medan, Rabu (01/08/2012) sore.

Dijelaskan Zulkarnain, bagi calon yang lulus seleksi administrasi, selanjutnya akan mengikuti ujian tertulis pada Sabtu, 4 Agustus 2012, di Kampus UISU, Jalan SM Raja, Medan, mulai pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB.

"Bagi setiap peserta ujian, diharuskan membawa alat tulis, berpakaian rapi, dan mengambil nomor ujian pada pukul 07.30 WIB di lokasi ujian,"ujar Zulkarnain.

Di bagian lain, Zulkarnain mengimbau, bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keberatan tentang nama-nama yang tercantum dalam pengumuman hasil pemeriksaan berkas Calon Anggota Panwaslu Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara diberikan waktu satu minggu untuk menyampaikan keberatan secara tertulis dan dikirim ke Sekretariat Timsel, Jalan Airlangga No 16 B, Medan.

Setelah hasil ujian tertulis diumumkan, maka selanjutnya Timsel akan menetapkan 12 orang tiap kabupaten/kota untuk mengikuti wawancara. Dari hasil wawancara nantinya, akan diputuskan enam orang tiap kabupaten/kota.

Nama-nama keenam orang tersebut selanjutnya akan diserahkan Timsel ke Panwaslu Provinsi Sumut untuk ditetapkan menjadi Anggota Panwaslu masing-masing 3 orang tiap kabupaten/kota se Sumatera Utara.

Zulkarnain juga mengimbau, bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, untuk belajar tentang UU Pemilihan Umum dalam menghadapi ujian seleksi.

Timsel melakukan perekrutan Anggota Panwaslu dalam rangka melaksanakan Pasal 96 UU No 15 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum No 1 Tahun 2010  dan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum No 2 Tahun 2012 Tentang Perubahan Atas Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum No 1 Tahun 2010 terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Ketika ditanya soal keterlambatan pengumuman hasil seleksi selama satu hari, Zulkarnain menjelaskan, hal itu dikarenakan ketiadaan dana.

"Sampai Rabu (01/08/2012) sore, Panwaslu Sumut sama sekali belum ada mengucurkan dana ke Timsel karena  Pemprov Sumut belum juga mengucurkan dana ke Panwaslu Sumut. Karena tanggungjawabnya besar dan sekaligus ingin mensukseskan Pemilihan Umum Gubernur Sumatera Utara 2013, maka dengan sangat terpaksa, Timsel harus mengumumkan hasil pemeriksaan berkas meskipun Timsel ‘terseok-seok’ soal dana,"beber Zulkarnain.(mdn|ams)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi