Pesantren Modern Terpadu di Kawasan Terpencil Akan Diresmikan

MEDAN | DNA - Plt Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST akan meresmikan Pesantren Modern Terpadu Al Fath di Singkuang, daerah terpencil di Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Madina.Ketua Pembina Yayasan Fathi Siregar selaku pemrakarsa pesantren modern terpadu ini, Drs H Fathi Siregar (76 tahun) mengemukakan itu kepada wartawan di Medan.

Dikemukakan rencana ini telah dilaporkan kepada Gubsu yang merespon positip pesantren di daerah terpencil di bibir pantai barat Sumut ini menjadi pusat pendidikan Islam terpadu yang akan terkenal di se antero nusantara.

Didampingi Ketua Umum Yayasan, Prof DR H Haidar Putra Daulay MA dan tokoh masyarakat setempat Drs H Hakimil Nasution serta pimpinan pesantren Ustadz Radinal Mukhtar Harahap, Fathi mengemukakan rencana peresmian Senin 9 Juli 2012."Peresmian pesantren sekaligus membuka SMP (Tsanawiyah) Modern Terpadu tahun ajaran 2012/2013," jelas Fathi yang tahun 1965 diarak keliling kampung sebagai sarjana pertama di Kecamatan Natal.

Fathi yang pernah Wajib Militer (Wamil) tahun 1965/1966 setelah lulus UGM dan tahun 1967 Staf Pribadi Gubsu H Marah Halim Harahap menjelaskan telah terjaring 40 siswa putra dan 40 putri dari seleksi ketat 20 Juni lalu."Mereka ditempatkan di asrama mulai 8 Juli. Sesuai rencana akan dilanjutkan pembangunan sampai tingkat SMA dan juga akan didirikan SD serta Taman Kanak-kanak," jelas Fathi yang Ketua Kadin Sumut pertama dua periode 1974-1981.

Prof DR H Haidar Putra Daulay menambahkan pesantren modern terpadu ini memadukan keunggulan sekolah dan keunggulan pesantren dengan seluruh mata pelajaran SMP dan mata pelajaran Agama yang diambil dari Gontor/ Raudatul Hasanah.

Dengan kata lain sekolah berbasis pesantren yaitu sekolah umum (SMP dan SMA) yang dipesantrenkan."Bentuk pendidikan seperti ini telah dibuat kesepakatan antara Kementerian Agama dan Kemendiknas. Tamatan pesantren ini bisa melanjutkan ke perguruan tinggi Agama dan perguruan tinggi umum," jelasnya seraya mengemukakan sarana fisik yang sudah selesai dibangun antara lain Masjid, ruang belajar/ kantor, asrama dan perlengkapannya serta ruang makan.

Lebih lanjut Fathi Siregar menjelaskan pesantren ini diawali kecintaan membangun kampung halaman. Tahun 1991 didirikan SMP swasta dengan pola pagi untuk SMP swasta dan sore madrasah. Enam tahun kemudian sekolah ini menjadi SMP negeri.Selanjutnya sejak 2004 beberapa tokoh mempersiapkan kehadiran Pesantren di daerah tersebut hingga peletakan pertama 11 September 2011.(sam/mdn)

1 Responses

  1. tidak ada komentar
    hanya dukungan saja
    dari sd smp dan pasantren
    mudamudahan untuk kedepanya bisa di bangun univessitas amin
    buat angku sehat selalu

  2. << First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi