Calon Siswa Luar Daerah Buru Sekolah T.Tinggi

TEBING TINGGI | DNA - Diperkirakan ribuan calon siswa dari berbagai daerah menyerbu sekolah kota Tebingtinggi, baik tingkat SMP maupun SMA/SMK. Di hari pertama pendfataran, calon siswa yang mendaftar tidak hanya berasal dari daerah sekitar, tapi ada juga yang mendaftar dari Provinsi Riau.
 
Data yang diperoleh, hingga pukul 13.00, telah mendaftar sekira 512 calon siswa untuk berbagai tingkatan. Jumlah terbesar pendaftar untuk tingkat SMA, menyusul SMP dan SMK. Sedangkan syarat pendaftaran dipermudah, yakni selembar ijazah. Selanjutnya, pada sore hari kartu ujian sudah bisa diambil di tempat pendaftaran.
 
Kadis Pendidikan Drs.H.Pardamean Siregar, MAP yang langsung di lokasi, mengatakan membludaknya calon siswa luar daerah yang mendaftar di sekolah Tebingtinggi, menunjukkan kualitas sekolah yang ada sudah dipercaya. “Membludaknya pendaftar isyarat sekolah kita diminati masyarakat luar daerah,” ujar Pardamean.
 
Dinas Pendidikan, tambah dia, untuk tahun ajaran 2012-2013 memberikan kesempatan luas kepada calon siswa luar daerah untuk menikmati pendidikan di kota Tebingtinggi sama dengan calon siswa dalam kota. Ada pun sekolah-sekolah yang memberi kesempatan untuk SMA, yakni SMAN 2, SMAN 3 dan SMAN 4. Sedangkan untuk SMK, yakni SMKN 1, SMKN 3 dan SMKN 4. Sedangkan untuk tingkat SMP, yakni SMPN 2 hingga SMPN 10.
 
Kadis Pendidikan, menambahkan dengan dibukanya kebijakan membuka kesempatan bagi calon siswa luar daerah, diharapkan akan mampu membantu sekolah-sekolah swasta untuk menjaring siswa. Kesempatan ini harus dimanfaatkan sekolah swasta dengan baik, sembari terus meningkatkan kualitas sekolah swasta.
 
Selain itu, minta yang tinggi terhadap sekolah Tebingtinggi akan menciptakan denyut perekonomian kota, disamping akan menggerakkan tumbuhnya usaha pendukung pendidikan, kata Kadis Pendidikan.
 
Dari pantauan, ratusan calon siswa yang datang mendaftar umumnya ditemani orang tua mereka. Ada yang berasal dari Simalungun, Batubara serta Sergai. Salah seorang calon siswa Fransiska Natalia Butar-butar, mengatakan mendaftar ke SMKN, karena kualitas sekolah kejuruan di Tebingtinggi sudah baik. “Kawan-kawan bilang SMK di Tebinhg bagu, jadi mendaftar di sini saja,” ujar siswa tamatan SMP di Kec. Air Putih, Kab. Batubara.(Sam/tt)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi