Prodi Metrologi Dan Instrumentasi USU Gelar Seminar Nasional

MEDAN | DNA -Sebagai program pendidikan yang masih baru, Program Pendidikan Diploma III Program Studi Metrologi dan Instrumentasi ikut berpartisipasi memberikan peluang kerja untuk memenuhi kebutuhan pasar yang berkaitan dengan kemetrologian terutama industri yang menghasilkan produk-produk dengan kualitas ekspor untuk diperdagangkan di luar negeri.

Upaya untuk mempercepat kebutuhan akan tenaga penera trampil, maka pendidikan D3 Metrologi dibuka di USU yang bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Latihan (PUSDIKLAT) Kementrian Perdagangan RI dengan USU. Hal itu dikatakan oleh Dr. Diana Barus, MSc, Kepala Prodi D3 Metrologi & Instrumentasi FMIPA USU dalam laporannya sebagai Ketua Panitia Seminar Nasional Program Pendidikan D3 Metrologi dan Instrumentasi FMIPA USU, di Ruang Rapat Senat Akademik lantai III gedung Biro Rektor BPA USU.

Beliau juga melanjutkan bahwa tujuan dan sasaran kegiatan tersebut adalah untuk memperkenalkan pendidikan kemetrologian sebagai salah satu upaya untuk peningkatan daya saing di dunia usaha dan pelayanan kemetrologian melalui pengembangan Laboratorium Kalibrasi/Penguji alat-alat ukur.

Sementara Pembantu Rektor I Prof. Zulkifli Nasution menyebutkan saat ini banyak sekali fenomena yang terjadi di negara kita sekarang. “Salah satunya bisa kita lihat bahwa semakin berkembang dan maju suatu negara, semakin curang suatu negara, maka kebutuhan ahli di bidang metrologi juga akan makin dikembangkan dan diperluas serta dibutuhkan”, ujar beliau.

Seminar Nasional Program Pendidikan D3 Metrologi dan Instrumentasi FMIPA USU dilaksanakan dalam rangka peringatan Dies Natalis ke 60 Universitas Sumatera Utara untuk mengembangkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kemetrologian atas kerjasama Balai Diklat Metrologi Kementrian Perdagangan RI untuk mendukung daya saing dunia usaha yang professional secara global sehingga dapat diterima dan diakui di tingkat nasional maupun internasional.

Diharapkan juga setelah diadakannya Seminar Nasional tersebut, maka Pemkab/Pemko se-Sumut segera mengusulkan pembentukan Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Metrologfi Legal di daerah Kab/Kota bekerjasama dengan Program Studi D3 Metrologi dan Instrumentasi FMIPA USU serta bekerjasama juga dengan Balai Diklat Kementrian Perdagangan RI.

Seminar Nasional Program Pendidikan D3 Metrologi dan Instrumentasi FMIPA USU kali ini menghadirkan pembicara Dr. Arief Adang, MSc (Kapusdiklat-Karopeggan KemenDag RI), Usman (Direktur Metrologi-Kasubdit UTTP dan Standard Ukuran KemenDag RI, Wahyu Hidayat (Kepala Balai Diklat Metrologi Bandung, KemenDag RI), dan Prof. Timbangan Sembiring (USU).

Seminar Nasional tersebut mengangkat tema “Perkembangan Metrologi dan Instrumentasi Nasional Dalam Meningkatkan Daya Saing Dunia Usaha” dengan sub tema “Pengembangan Laboratorium Metrologi Legal dan Kualitas SDM Kemetrologian” dan juga dihadiri oleh Pembantu Rektor III Drs. Raja Bongsu, Dekan FMIPA USU Dr. Sutarman, MSc, rombongan KemenDag RI, para Bupati dan Walikota Se-Sumut atau yang mewakili antara lain Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulö, Wakil Walikota Gunungsitoli, Drs. Aroni Zendrato, Polamer Siregar (mewakili Bupati Tapanuli Utara), Dinas Peternakan Sumut, PDAM Tirtanadi, BKD Se-Sumut, Perusahaan di Sumut, dan undangan lainnya.(im/usu)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi