Indek Pembangunan Manusia Sumut Capai 73,29

SIMALUNGUN | DNA -  Dihadapan Wakil Presiden Budiono di Simalungun, Plt. Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, mengungkapkan sejauh ini indeks pembangunan manusia di Sumatera Utara telah mencapai angka 73,29, capaian yang dinilai lebih tinggi dari capaian nasional di angka 71.

Meski terus mengupayakan kesejahteraan masyarakat, Plt. Gubernur mengatakan tingkat pengangguran masih tinggi di angka 7.43 persen pada tahun 2010, dan rendahnya derajat kesehatan masyarakat dengan tingginya angka kematian bayi 23 per1000 kelahiran dan angka kematian ibu 268 per 1000 kelahiran dan gizi buruk 21,4 persen. Sejumlah daerah yang masuk dalam wilayah desa tertinggal tersebar di kabupaten Dairi, Pak-Pak Barat dan Kepulauan Nias yang merupakan wilayah pemekaran.

Sumatera Utara menerapkan PNPM perkotaan, perdesaan dan infrastruktur wilayah senilai lebih dari 600 miliar dan menjadi lokasi penyaluran dana Kredit Usaha Rakyat dengan plafon hingga Rp 3,64 Triliun.

Seorang peserta PNPM melaporkan keberhasilan program tersebut di Desa Mekarsari Raya, dimana dana PNPM digunakan untuk membuat pipanisasi air bersih sepanjang 1550 meter dengan anggaran Rp 49 juta. “Sekarang air sudah masuk ke rumah-rumah penduduk dan desa mengadakan iuran untuk perawatan pipa dan iuran desa,” kata Juni Hartono, warga Desa Mekarsari Raya tersebut.(DNA/syam/wapres)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi