Pertemuan Wakil/Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Se-Indonesia Hasilkan Beberapa Pro

MEDAN | DNA - Universitas Sumatera Utara menjadi tuan rumah pertemuan para Wakil/Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama se-Indonesia, Selasa (3/4). Pertemuan yang berlangsung di Swissbell Hotel International Medan tersebut adalah pertemuan lanjutan ke 9 yang sebelumnya telah diadakan di Palembang pada 20 Oktober 2011, Jakarta 14 Desember 2011, Surabaya pada 27 Desember 2011 di dan Unpad 10 Februari 2012.

Pertemuan kali ini membahas beberapa program diantaranya mengembangkan proses kerjasama antar perguruan tinggi, program kerjasama dan promosi, program pengembangan dan pemanfaatan IPTEKS, serta program Pertukaran Mahasiswa Se Tanah Air Se Indonesia (PERMATA) yang diselenggarakan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Program itu dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa PTN se tanah air untuk mengikuti perkuliahan yang relevan di PTN lainnya di seluruh nusantara, sepanjang mengikuti kriteria yang telah ditetapkan, dalam bentuk kegiatan akademik atau "credit earning".

Beberapa point yang menjadi tujuan program tersebut antara lain meningkatkan wawasan kebangsaan mahasiswa melalui pertukaran mahasiswa PTN se Indonesia, meningkatkan integritas, solidaritas, dan perekat kebangsaan antar-mahasiswa se Indonesia, mempersiapkan pemimpin bangsa yang memiliki karakter nasional yang berwawasan kebangsaan NKRI, memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk merasakan dan memanfaatkan fasilitas pendidikan dan suasana akademik di PT tujuan, serta memperkecil kesenjangan mutu pendidikan antar PTN se Indonesia.

Diperkirakan jumlah total peserta yang terlibat pada tahap awal program tersebut sebanyak 200 orang yang terbagi dalam 10 PTN terdiri atas 20 orang mahasiswa di setiap PT pelaksana. Waktu pelaksanaan program itu direncanakan pada semester awal 2012/2013 sekitar bulan Juli s/d Desember 2012 dengan jadwal yang disesuaikan dengan pelaksanaan proses pendidikan di PT tujuan. Sementara tempat pelaksanaan program itu adalah di semua PT anggota MRPTNI di seluruh Indonesia yang menyatakan kesanggupannya dengan mengisi formulir terlampir.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh 32 orang Wakil/Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama se Indonesia tersebut di deklarasikan pula Forum Wakil/Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri dengan terpilih sebagai Ketua Koordinator adalah Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA Pembantu Rektor Unhas (mewakili PTN wilayah Timur) dan Wakil Ketua adalah Prof. Dr. Ningrum Natsya Sirait, SH, MLi Pembantu Rektor USU (mewakili PTN wilayah Barat).(DNA/usu)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi