Jam Tayang "Dangdut Vulgar" Diatur

JAKARTA | DNA - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melarang televisi dan radio untuk menyiarkan sejumlah lagu dangdut di bawah pukul 10 malam. Lagu-lagu tersebut adalah Paling Suka 69 dan Belah Duren milik Julia Perez, Cinta Satu Malam (Melinda), Pengen Dibolongi (Aan Annisha) dan Mobil Bergoyang (Lia MJ feat Asep Rumpi).

Wakil ketua KPI bidang pengawasan dan isi siaran, Ezki Suyanto mengatakan a, bahwa lagu-lagu itu tidak layak untuk anak dan remaja. "Kami tidak melarang lagu dangdutnya tapi jam tayangnya, harus di atas jam 10 malam karena lagu-lagu itu sangat vulgar," kata Ezki.

Sementara itu, penyanyi Julia Perez mengatakan ia hanya bisa pasrah dengan aturan tersebut. "Ya wajar lah KPI bekerja dengan seharusnya. Mudah-mudahan dengan pencekalan terhadap lagu saya ini, saya bisa introspeksi diri dan ke depannya saya bisa memberikan lagu yang terbaik," kata Julia.

Meski demikian, ia mengaku tidak paham dengan alasan di balik pelarangan tersebut. "Sebetulnya saya bingung karena lagu-lagu saya cenderung ada dua makna tapi karena saya positif ya saya memaknainya positif tapi kalau orang memaknai negatif ya jatuhnya negatif."
Sanksi

Jika ada stasiun televisi atau radio yang melanggar, KPI akan memberikan sanksi. "Pasti ada sanksi dan TV atau radio itu paham peraturan kok tetapi karena lagu-lagu itu banyak pendengarnya, mereka jadi tidak peduli dengan peraturan sehingga kami harus mengingatkan," kata Ezki.

Ia juga mengingatkan para penyanyi untuk menjaga penampilan mereka. "Penampilan tidak boleh vulgar meski tayang sudah di atas jam 10 malam."

Ezki mengatakan KPI sedang mempelajari sejumlah laporan mengenai dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh beberapa televisi. "Kami ingatkan yang dilarang bukan hanya yang vulgar, tetapi juga yang liriknya kasar," kata dia.

Ia memberikan contoh lagu Udin Sedunia yang dipopulerkan oleh Sualudin harus diedit liriknya di Nusa Tenggara Barat. "Ada lirik lagu Udin Sedunia yang dianggap menyinggung kearifan lokal." (DNA/bbc)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi