Pelajar SMAN 2 Tinggimoncong Sulawesi Selatan Terpincut Suasana Kampus Unpad Jatinangor

BANDUNG | DNA - Suasana kampus yang nyaman, dan lingkungan belajar yang kondusif membuat para pelajar SMAN 2 Tinggimoncong, Sulawesi Selatan semakin antusias untuk mengenyam pendidikan tinggi di Unpad.  Hal tersebut terungkap saat puluhan pelajar SMAN 2 Tinggimoncong melakukan kunjungan ke kampus Unpad Jatinangor. Kunjungan dilakukan oleh 44 siswa kelas X dan XI jurusan IPA, dengan didampingi oleh 3 orang guru.

Kunjungan diawali dengan tur keliling kampus Unpad kampus Jatinangor, dengan dipandu oleh tim Humas Unpad. Para pelajar dan guru terlihat antusias menyimak penjelasan yang dilakukan oleh staf Humas Unpad, Safa Annisaa, mengenai sejumlah gedung fakultas dan beberapa  fasilitas Unpad yang mereka lalui saat melakukan tur keliling kampus.

Kegiatan pun dilanjutkan di Ruang Rapat Bersama, Gedung Rektorat Unpad, kampus Jatinangor. Disini, para siswa mendapat penjelasan singkat mengenai Unpad dari Kepala UPT Humas Unpad, Weny Widyowati, S.Sos., M.Si.  Weny menjelaskan mengenai sejarah Unpad, fakultas dan program studi di Unpad, fasilitas-fasilitas yang dimiliki, beberapa kegiatan civitas akademika Unpad, hingga prestasi yang pernah diraih oleh civitas akademika Unpad.

Beberapa pertanyaan kemudian terlontar dari para pelajar. Miftah misalnya, yang bertanya tentang jalur mandiri masuk Unpad. Menjawab pertanyaan tersebut, Weny menjelaskan bahwa selain melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Unpad juga membuka jalur mandiri, yaitu Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP).

"Sejak tahun 2006 hingga 2010, Unpad menyelenggarakan SMUP sebagai seleksi mandiri, dengan ujian tertulis. Namun sejak tahun 2011, SMUP menggunakan data hasil SNMPTN. Beli PIN dua kali, hanya ujiannya satu kali ketika SNMPTN saja," jelas Weny.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 2 Tinggimoncong, Muhammad Anas, mengaku puas dengan adanya kunjungan ini. "Terima kasih kami di sini disambut dengan hangat. Mudah-mudahan kegiatan ini  dapat memperluas cakrawala berpikir anak-anak kami," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa para pelajar tertarik untuk berkunjung ke Unpad terutama karena beberapa waktu lalu, para alumni SMAN 2 Tinggimoncong yang kini menjadi mahasiswa Unpad berkunjung ke SMA ini untuk melakukan presentasi tentang Unpad. Dalam kesempatan tersebut juga hadir tiga  alumni SMAN 2 Tinggimoncong, yakni  Reza Arjuna Kanata, mahasiswa Fakultas Teknik Geologi angkatan 2011, Jerry Manda (Fakultas Kedokteran 2011), dan Rifaah Mahmudah (Fakultas Kedokteran Gigi 2011).

"Waktu liburan kemarin kami melakukan presentasi di sana agar mereka lebih kenal lagi dengan Unpad. Ternyata mereka sangat antusias masuk Unpad," ungkap Reza saat ditemui usai acara.

Kunjungan ini sendiri merupakan salah satu program kerja OSIS SMAN 2 Tinggimoncong untuk lebih mengenal universitas-universitas yang diminati para siswa. "Ini merupakan salah satu program kerja OSIS yang dicanangkan Musyawarah Perwakilan Kelas. Unpad merupakan universitas ternama, salah satu universitas dengan peminat paling banyak di sekolah kami," ungkap Wakil Ketua OSIS SMAN 2 Tinggimoncong,  A.M.  Rifki Ikramullah.

Rifki yang tertarik masuk Fakultas Teknik Geologi dan program studi Teknik Informatika Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam ini mengaku merasa nyaman berada di kampus Unpad. "Saya suka dengan suasananya, sama dengan sekolah saya yang letaknya di dataran tinggi, udaranya sejuk. Mahasiswanya ramah-ramah. Suasananya juga enak dan kondusif," ujarnya.(DNA/unpad)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi