Imigrasi Perketat Pengawasan Orang Asing di Sumut

MEDAN I DNA - Pasca penangkapan terhadap lima imigran gelap asal Iraq, pihak Imigrasi terus memperketat pengawasan terhadap orang asing di Sumatra Utara. Begitu juga penangkapan terhadap lima orang asing tersebut,kini telah berada di Rudenim Belawan.

Seperti yang diutarakan, Kasi Wasdakin Kantor Imigrasi Polonia Medan, Setia Budi Utama, bahwa kelima warga Iraq ditangkap dibandara Polonia Medan menuju Jakarta. Penangkapan yang dilakukan Gugus Tugas Penanggulangan Imigran Bandara Polonia Medan, pada 13 Maret 2012 lalu, setelah menerima informasi bahwa pada pukul 05.00 Wib, ada tiga orang pria kebangsaan Iraq yang hendak berangkat ke Jakarta.

Setelah dicek daftar penumpang, ternyata ketika mengecek nama calon Penumpang pesawat diantara, Salman Abdullah Abulkare Kareem Al Peeshawee, Khalis Katea Ghali Alkifa, dan Karal Latif Al Mansori tidak memiliki kelengkapan sebagai turis, ternyata ketika dilakukan permintaan keterangan mereka mengaku akan ke Australia.

Dari keterangan ketiga orang ini, pihak Imigrasi pun kembali menangkap dua pria Iraq atas nama Zaien Alabden Jabbar dan Nahid Usman Imron yang berangkat pada pukul 12.00 wib, keduanya juga berencana berangkat ke Jakarta dengan menggunakan pesawat Lion Air."Kedua pria tersebut juga menyatakan alasan yang sama dengan ketiga pria yang ditangkap oleh tim gugus tugas sebelum,"ucap Setia.

Menurut Setia, umumnya para imigran ini adalah warga yang menghindari kekacauan di negara asalnya sehingga mencari perlindungan ke negara Australia.Namun karena mereka tidak paham dan juga korban dari para agen perjalanan maka para Imigran tersebut masuk ke Indonesia melalui dermaga disepanjang pantai Sumatra.

Kepada para Imigran yang berhasil ditangkap ini kemudian dimasukan ke rudenim guna proses selanjutnya. Umumnya setelah melakukan kordinasi dengan pihak IOM suatu badan internasional yang menangani pengungsi para imigran ini dikembalikan ke negara asal atau menuju ke negara ketiga yang menampung mereka.(DNAImdnIams)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi