Pasar Modal Indonesia Dapat Terus Berprestasi

JAKARTA | DNA - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) berharap, Pasar Modal Indonesia  pada masa mendatang dapat meneruskan kinerja baik dan prestasi yang telah ditorehkan selama ini. Demikian disampaikan Kepala Biro Transaksi Lembaga Efek Bapepam-LK M. Noor Rachman saat menghadiri pentupan perdanganan saham akhir tahun 2011 di Galery Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta.

Ia menambahkan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencatatkan kinerja terbaik kedua di kawasan Asia Pasifik pada 2011. Dewasa ini, pasar modal telah dijadikan sarana bagi pemerintah untuk penghimpunan dana melalui surat utang pemerintah (government bonds), penawaran terbatas saham (right offering).

Selama ini, BEI bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU) Kementerian Keuangan juga melakukan kegiatan Pre-Marketing Obligasi Negara Ritel (ORI) 008 di beberapa kota. Dalam melakukan sosialisasi, BEI menggandeng berbagai pihak seperti anggota bursa, asosiasi profesi, organisasi kemasyarakatan, perbankan, pemerintah daerah, media, dan lain-lain. Program-program sosialisasi yang dilakukan antara lain berupa kegiatan business meeting, forum calon investor, forum investor.

Selain itu, Bapepam-LK juga tengah mengembangkan berbagai kebijakan yang akan diterapkan pada tahun 2012, salah satunya adalah investor protection fund. Direktur Utama BEI Ito Warsito mengatakan, pihaknya optimistis investor protection fund akan diluncurkan oleh Bapepam-LK pada tahun mendatang.

"Kami (BEI) optimistis bahwa kebijakan ini di tahun 2012 pasti bisa terwujud," katanya. BEI dan Bapepam-LK juga akan memperkuat kerja sama dengan Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) untuk terus mensosialisasikan saham berbasis syariah diikuti dengan Sekolah Pasar Modal Syariah. (DNA/dpke)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi