Kolam Pancing Kiban Zipur Pulo Brayan Pariwisata Potensial Kota Medan

MEDAN | DNA - Selain Danau SiOmbak di Medan Marelan ternyata Kota Medan masih memiliki lokasi wisata potensial yang lokasinya masih termasuk di inti Kota Medan.  Lokasi potensi yang memiliki masa depan cerah sebagai salah satu kawasan pariwisata domestik itu adalah Kolam Pancing Kiban Zipur yang persis berdampingan dengan Masjid Ar-Rahman di areal kompleks TNI - AD Kiban Zipur (Kompi Bantuan Zeni Tempur).

Selain aman dan nyaman lokasi memancing keluarga ini juga sangat mudah dicapai masyarakat karena masih berada dititik jalur tempuh dalam kota.  Jika kita berkendara di Jalan Kolonel Laut Yos Sudarso Pulo Brayan maka akan menjumpai fly over (jembatan layang) Pulo Brayan.  Setelah melintasi rel kereta api dan asrama PJKA maka langsung saja memasuki Jalan Cemara (Jalan Kolonel Bejo-red) .  Berjarak hanya sekitar 300 meter usai melewati jembatan layang, disebelah kiri jalan akan menemukan Asrama Zipur disinilah lokasi pariwisata pancing memancing itu berada.

Areal lokasi pancing yang memiliki 3 kolam besar ini berada di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru Kecamatan Medan Timur.  Dalam operasionalnya kepada pemancing menyediakan ikan-ikan yang sehat dan gemuk dalam berbagai ukuran besar kecil dan berat.   Kolam Pancing Kiban Zipur yang bernuansa pariwisata kekeluargaan ini dikelola secara familiar dengan tarif memancing yang sangat murah namun meriah.

"Masyarakat yang hobby memancing dapat menyalurkan hobbynya tersebut disini dengan memancing hanya Rp. 20.000,- per satu harian.  Ikan-ikan hasil memancing boleh dibawa pulang tanpa mesti ditimbang-timbang lagi," jelas asisten pengelola kolam Pancing Kiban Zipur Overi Indra (Dori) didampingi tim ahli dan penelitian ikanTaufik,  arsitek tata kolam/ sirkulasi air dan dekorasi Yusri Affandi (Ifan), Kandar dan Alvi kepada wartawandi kolam pancing.

Taufik menjelaskan,  ikan-ikan yang akan dimasukkan kekolam,  sebelumnya dilakukan penelitian dan pemeriksaan secara cermat. Ikan yang sudah berada dikolam adalah ikan-ikan pilihan yang sudah melewati proses penelitian dan pemeriksaan terutama dari sisi kesehatannya. Didalam kolam ikan-ikan ini juga dirawat secara kontinyu salah satunya menjaga keseimbangan sirkulasi air dari satu kolam kekolam lainnya.  Sehingga seluruh ikan selalu berada dalam kondisi segar dan bugar.

"Ikan-ikan puyeng alias ikan setengah pingsan tidak ada di kolam kita, kata Ifan menambahkan.  Kalau sampai terjadi demikian maka segera diangkat dipindahkan tidak lagi dimasukkan kedalam kolam.  Artinya dikolam kita ini tidak menyediakan ikan yang sakit-sakitan karena pada prinsipnya Kolam Pancing Kiban Zipur akan selalu memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan pada pemancing,"  ujar Ifan yang juga pengusaha advertising ini.

Selanjutnya Dori menjelaskan kembali,  Kolam Pancing Kiban Zipur menyediakan ikan-ikan sehat untuk dipancing diantaranya yaitu ikan bawal, ikan nila, ikan gurami, ikan patin, ikan lele, ikan terubuk, ikan mas dan lain-lain lagi.  Selain memancing secara perorangan menyalurkan hobby disini dikolam pancing kita, juga kerap menggelar acara-acara memancing yang sifatnya hiburan.

"Beberapa waktu lalu kita menggelar perlombaan memancing (perlombaan memancing Galatama-Lele-red) berhadiah sepeda motor,  permainan-permainan berhadiah, lucky draw dengan iringan musik keyboard.  Memeriahkan suasana tahun baru 2012 Kolam Pancing Kiban Zipur juga berencana merancang acara menarik dan meriah yang dipersembahkan kepada masyarakat khususnya warga masyarakat penghobby memancing," ungkap Dori yang juga seniman musik ini.  (DNA/syam/sugandhi)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi