Keberadaan PKK Dibutuhkan untuk Menopang dan Mendukung Pembangunan

MEDAN | DNA - Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM membuka  Latihan Pengelola  Program dan Penyuluh  Pemberdayaan Kesejahteraan  Keluarga (LP3-PKK), Tim Penggerak  dan Ketua Kelompok-Kelompok PKK (TPK3-PKK) serta rapat Konsultasi  PKK Kota Medan di Hotel Emerald garden Medan.  Kegiatan ini diharapkan mampu menambah wawasan dan dan kemampuan yang bermanfaat guna membangun PKK lebih baik lagi pada masa yang akan datang.
   
"Keberadaan PKK dalam lingkungan masyarakat sangat dibutuhkan untuk menopang dan mendukung pembangunan yang berdimensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peran PKK yang cukup penting ini tentunya harus didukung sumber daya manusia yang terampil, dinamis serta memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kondisi kehidupan masyarakat," kata Walikota.
   
Itu sebabnya Walikota berharap melalui pembinaan yang dilakukan seperti ini dapat merubah sekaligus membangun pola pikIr kader-kader PKK, agar lebih mampu  menemukenalui berbagai permasalahan dan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian program dan kegiatan yang dilaksanakan dapat lebih aspiratif dan lebih konkrit serta mampu menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat.
   
"Kita ingin dari pertemuan ini para Tim Penggerak PKK bias memberikan pencerahan kepada masyarakat dalam rangka merobah mindset  masyarakat dalam rangka melihat tentang kondisi baik pembinaan keluarga dan masyarakat, Perubahan mindset itu yakni merubah pola piker, pola keluarga maupun pola asuh anak," ujarnya.
   
Dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat, ungkapnya, kader-kader PKK berpedoman pada sepuluh program pokok PKK seperti program pemberdayaan, pendidikan kesehatan dan ekonomi. Sedangkan program pokok PKK ini merupakan bagian program prioritas  Pemko Medan.    

Untuk itu kader PKK harus memahami program prioritas pembangunan yang telah disusun sehingga mampu menjadi perpanjangan tangan Pemko Medan dalam mensosialisasikan program serta kebijakan pembangunan kota kepada masyarakat.
   
Menurut Walikota, tanggung jawab pembangunan tidak hanya pada Pemko Medan semata tetapi harus melibatkan semua  pihak maupun stakeholder, termasuk di dalamnya kader-kader PKK. "Keberhasilan pembangunan hanya dapat diraih apabila semua pihak dapat saling bergandengan tangan dan bahu membahu membangun kota," ungkapnya.
   
Sebelum mengakhiri sambutannya, Walikota  sangat berharap TP PKK Kota Medan terus berperan aktif dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat dan keluarga, termasuk Pembina para kader-kader PKK benar-benar mampu menjadi penggerak pembangunan kota. "Semain tinggi peran aktif PKK dalam kehidupan masyarakat, maka akan semakin terbuka jalan menuju masyarakat sejahtera," pungkasnya.
   
Sementara itu Ketua TP PKK Kota Medan Hj Yusra Rahudman Harahap menjelaskan, tujuan digelarnya pelatihan sekaligus rapat konsultasi ini untuk mencerdaskan dan menambah pengetahuan TP PKK Kecamatan dan Kelurahan, termasuk seluruh kader. "Kita harapkan mereka bisa menjadi penyuluh yang baik di tengah masyarakat," ujar Hj Yusra.(DNA/syam/mdn)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi