Asuransi Dalam E KTP Dinilai Sama Dengan Pungli

SERGAI I DNA - Program asuransidalam E KTP yang dicanangkan Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) kembali mendapat sorotan tajam. jika sebelumnya datang dari kalangan pengamat, kini kritikan itu datang dari sekretaris Froum Transpransi Anggara (Fitra)  Sumut, Elfanda.

Belum lama ini, Elfanda berkomentar bahwa sejak awal hendak diluncukrnya program ini terkesan ditutupi dari
public. Ditambah lagi kurangnya dukungan dari DPRD setempat menambah kecurigaan semakin kuat. "tentulah ini tidak benar. Soalnya biaya asuransi dicampur adukan dengan biaya pembuatan KTP. Ditambah lagi pembuatan EKTP gratis lantas dimasukan sebuah alasan yang katanya untuk biaya asuransi. Biaya Rp 7.500 memang kecil tetapi bila dikalkulasikan dengan warga yang terdaftar sebagai pemegang polisnya pasti jumlahnya banyak,"katanya.

Kejanggalan lain adanya keuntungan PT Asuransi Bumi Asih Jaya dengan mengharapkan warga tidak menguruskan biaya
santuanan yang sepantasnya diterima warga Rp 500 ribu. Padahal keuntungan PT Asurasni Bumi Asih Jaya selaku operator adalah dengan mengelola dana warga yang dihimpun melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Tindakan pencampur adukan program pemerintah pusat dengan pembuatan E KTP gratis ternoda dengan aksi kutipan yang dinilai sebagian kalangan tidak memberatkan dalam nilaninya."Tentu warga sungkan menolak bila disodorkan biaya asuransi yang dikutip saat membuat E KTP. Mana ada warga yang menolak. Soalnya warga takut tidak akan dilayani,"jelasnya.

 Kelemahan lainnya, kerjasama asuransi santunan itu, hanya diikat dengan Memori Of Undestending (MOU), antara Pemkab Sergai dengan PT Asuransi Bumi Asih Jaya. Padahal diketahui sendiri setiap peraturan menyangkut orang banyak hendaknya dibuat Peraturan Daerah (Perda).

Secara terpisah Kepala Kantor Perwakilan Daerah Medan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Gopperta Panggabean hendak Pemkab Sergai harus traspran sejak awal apakah program ini bentuknya tender atau hanya kerjasama antara kedua istansi semata. (DNA I sya I sb)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi