Hari Krida Pertanian ke-39 Sumut, Diramaikan 38 Stand Kegiatan Pekan Pasar Petani

MEDAN | DNA - Hari Krida Pertanian (HKP) ke-39 di Sumatera Utara (Sumut) diramaikan oleh 38 stand kegiatan Pekan Pasar Petani (PPP) ke-9 tahun 2011, di halaman Kantor Dinas Pertanian Provinsi Sumut, Jend. AH Nasution Medan. Kegiatan yang seharusnya dilaksanakan pada 21Juni-21Juli 2011, karena alasan tertentu maka diundurkan ke tanggal 4-8 Oktober 2011.

Kepala Dinas Pertanian Sumut. Ir M Roem S,MSi dalam kata sambutanya ,mengungkapkan, tujuan diselenggarakannya HKP ke-39 tahun 2011untuk memperkenalkan dan mempromosikan berbagai peran dan prestasi, serta berbagai komoditi pertanian dalam arti luas yang dihasilkan petani dan melakukan bhakti krida dan bhakti sosial.

Sedangkan PPP bertujuan mempromosikan produk-produk pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura dari masing-masing Kabupaten/Kota berbentuk segar maupun olahan. Sasarannya adalah meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan petani dalam melakukan penjualan langsung kepada konsumen.

"Kegiatan HKP ke-39 kali ini bertemakan, dengan memperingati hari Krida Pertanian kita tingkatkan semangat mewujudkan kesejahteraan petani melalui daya  saing ekspor hasil pertanian dan swasembada berkelanjutan," ujar Roem yang didamping Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan, Ir. Jhon Albertson Sinagam.

Diungkapkan Roem lagi, tahun 2010 lalu PPP diikuti oleh 30 stand peserta, dengan nilai transaksi sebesar Rp57.600.000,-. Sedangkan tahun 2011, jumlah stand meningkat  menjadi 38 stand, yang terdiri dari Dinas Pertanian Kabupaten/Kota  se-Sumut, BUMN, pelaku usaha sektor Pertanian serta instansi terkait dan tentunya diharapkan terjadi peningkatan juga pada nilai transaksinya.
 
Selain penjualan hasil produk  hasil produk pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura dan bazaar, pada PPP ini juga dilakukan kegiatan lomba, antara lain; Penilain stand terbaik, Lomba merangkai buah dan sayur bagi peserta, Lonba mengukir (carving) buah, Lomba Karaoke petani, serta Lomba menggambar buah untuk anak sekolah dasar. (DNA/syam/R-02)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi