Antisipasi Kemacetan Jalinsum Saat Mudik, Pemkab DS Siapkan Jalur Alternatif

LUBUK PAKAM I DNA - Untuk menghindari kemacetan di Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum), saat mudik Lebaran 2011 Pemerintah Kabupaten Deliserdang mempersiapkan jalur alternatif Medan - Berastagi, baik bagi roda 4 maupun roda 2.

"Ada beberapa jalur alternatif yang kita siapkan untuk kendaraan roda dua dan roda empat di beberapa titik di wilayah Kabupaten Deli Serdang, terutama lintas Medan-Berastagi yang rawan kemacetan,"ujar Kepala Dinas PU Pemkab Deli Serdang Ir Faisal melalui Kepala  Bidang Jalan dan Jembatan, Khairum Rizal.

Rizal menjelaskan, untuk jalur alternatif yang dapat dilalui roda dua dan roda empat terdapat di jalur Simpang  Tuntungan-Kutalimbaru-Taburan-Tanduk Benua-Bandar Baru (Simpang Pramuka), dengan panjang jalur 37, 8 kilometer (Km).

"Warga yang ingin pulang kampung ke Berastagi, tidak harus melintasi jalan Djamin Ginting, tapi bisa melewati Jalur alternatif lain," katanya.  Jalur alternatif lainnya, dapat dilintasi jalur Kecamatan Deli Tua  atau melintasi Lapangan Sejati Medan Johor - Simpang Batu Penjemuran-Namorambe-Sembahe panjang jalurnya 30 Km.

Selain itu, bagi pemudik yang hendak menghindari kemacetan di pasar tradisional dan adanya jalan longsor di jalan Djamin Ginting Km 26, tepatnya di Desa Sugau kec Pancur Batu dapat melintasi Batu Penjemuran-Durian Tonggal-Pancur Batu dengan panjang jalur 8 Km. Disebutkanya jalur alternatif khsus mudik itu dipersiapkan dengan kelas jalan kabupaten yang hanya dapat dilalui kendaran roda enam kebawah."Khusus jalur alternatif telah tersedia, kalau boleh pemudik hendaknya mengendarai kendaran standar terlebih dahulu memeriksakan kondisi kendaran,"ungkapnya.

Selain jalur alternatif lainnya, alur Medan-Binjai-Langkat disiapkan. Keberadaan jalur alternatif itu untuk menghindari terkonsentrasinya kendaran pemudik jalur Kecamatan Sunggal-Pinang Baris. Dinas PU Pemkab  Deli Serdang menyiapkan jalur Tanjung Gusta-Simpang Pelumpang-Simpang  Kantor Camat Hamparan Perak-Tandem Hilir.

Jalur lainnya, melintasi dari belakang intalasi air bersih PDAM Tirta Nadi-Simpang Kantor Camat-melintas dari pasar 6 kota Binjai. Kemudian, jalur lainnya Diski-Sei Gelugur-Tanjung Anom-Tanjung Selamat kemudian ke Pajak Melati.

Sementara itu, untuk jalan Lintas Sumatera lintas Lubuk Pakam - Tebing Tingga, Pemkab Deli Serdang menyediakan jalur alternatif arus mudik melintasi kota Galang-Dolok Masihul-Kota Tebong Tinggi. Untuk jalur alternatif Pantai Labu-Pantai Cermin masih dalam proses Pekerjan Jembatan."diperkirakan bakal selesai akhir awal tahun depan,"bilangnya.(DNA/sya/ds)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi