Walikota "Berang" PBB Baru Capai 23 Persen

MEDAN | DNA - Walikota Medan Drs.H.Rahudman Harahap,MM didampingi Sekda Medan Ir.Syaiful Bahri,MM, Dirjen Pajak wilayah Sumatera Utara, "Berang" terhadap kinerja para Camat dan Lurah dalam hal pencapaian target pendapatan daerah melalui sektor Pajak Bumi Bangunan (PBB) tahun 2011 yang hanya mencapai 23 persen atau Target APBN PBB tahun 2011 sebesar Rp.131.488.582.790 dan baru terealisasi sebesar Rp.30.774.139.467,- sekitar ( 23%). Perasaan "berang" ini ditampakan Rahudman pada saat membuka Rapat evaluasi penerimaan PBB, trwulan II minggu ke V, di Gedung dharma Wanita Medan.

Walikota Medan menjelaskan bagaimana upaya kita untuk mengoptimalkan penerimaan PBB di sektor perkotaan tahun 2011 ini.  "Tahun depan dalam penerimaan sektor perkotaan akan mempergunakan IT (Tekhnologi) jadi tidak ada yang nokoh-nokoh lagi, semuanya transparan dengan memakai tekhnologi, siapa yang masih nokoh-nokoh tanggung resiko," ujarnya.

Ia mengaku jujur target PBB tahun 2011 baru sekitar 1 triliun  (60% ). Dimana tahun depan pihaknya akan berkompromi bagaimana meningkatkan penerimaan PBB menjadi 2 Triliun."Saya minta akan ada pendataan PBB tahun depan ini tdak bisa main-main kalau kita cerita ingin membangun kota kedepan. jangan kita desak orang-orang miskin harus membayar PBB semenatra orang kaya masih banyak bermain-main api kalau itulah yang anda kerjakan dilapangan sebagai petugas anda berhadapan dengan Walikota," ujarnya smbil mengingatkan akan mencari data-data tentang permainan di lapangan, dan akan menggunakan apresial untuk menentukan NJOP, untuk itu diperlukan kerjasama yang baik harus kita lakukan, ini harus menjadi perhatian bagi seluruh Camat dan Lurah se kota Medan.

Rahudman juga memberikan sampai Bulan Agustus semua target harus tercapai, tidak ada alasan bagi Camat tidak tercapai, karena target yang dibebankan kepada Camat masih terlau terlalu rendah,ungkapnya denga tegas.

Walikota mengingatkan kalau ada pejabat sruktural di Dinas Pendapatan masih main-main lebih baik mundur aja sekarang sebelum saya copot, begitu juga Camat dan lurah untuk pencapaian target PBB adalah salah satu tugas pokok. Yang penting bagi saya kota harus bersih dan pencapaian PAD harus tercapai, oleh karena itu pertemuan ini mari kita manfaatkan dan kita pergunakan dengan sebaik-baiknya, mari kita cari solusi dari hambatan-hambatan dalam penerimaan PBB selama ini.

Perlu saya ingatkan kepada kita semua sudah saatnya kita kerja keras, dan buka kerja rutinitas dengan pola sara-sara lama, dan sudah seharus kita merubah pola pikir kita , cara kerja kita, tetapi harus mengembangkan kratifitas bekerja dengan pola-pola baru, semangat seperti inilah yang katakan kerja profesional.

Walikota perintahkan Kepala Dinas Pendapatan agar membuat kantor-kantor bagi UPT di Kecamatan- Kecamatan, karena Walikota melihartt tidak efektip bila menompang di kantor Camat, sementara UPT bukan tunduk dibawah koordinasi Camat, UPT adalah dibawah koordinas Dinas Pendapatan Daerah Kota Medan.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendapatan Drs.H.Syahrul Harahap,Map melaporkan maksud dan tujuan rapat evaluasi ini adalah 1.Untuk mengetahui sejauhmana realisasi penerimaan PBB target yang sudah ditetapkan, 2. Dengan melalui rapat evaluasi ini kita harapkan seluruh peserta dapat mengevaluasi tugas-tugas yang sudah dilaksanakan apakah sudah sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, 3. Rapat evaluasi ini dapat menginventarisir permasalahan yang menghambat keberhasilan penerimaan PBB kota Medan sekaligus dapat memberikan solusi yang terbaik agar target PBB tahun ini  dapat tercapai, 4. Untuk menyamakan visi dan Misi serta kebijakan dan upaya-upaya dari dinas.instansi terkait dalam rangka upay pemberhasilan pencapaian target pajak penerimaan PBB tahun 2011.

DNA | R Syam

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi