Ikan Asin Asal Belawan Ternyata Sampai ke Luar Negeri

BELAWAN | DNA - Tak bisa dianggap sepele, ternyata ikan asin asal Belawan, sudah banyak yang diekspor ke luar negeri lewat pengapalan kapal kayu yang sandar di pelabuhan Belawan Lama apalagi sejak lama memang ikan asin asal Belawan terkenal rasanya garing dan gurih dirasakan orang luar negeri.

Sebagaimana yang diutarakan tokoh masyarakat nelayan Batara Pane Senin (23/05/2011) menyingkapi pasokan ikan asin asal Belawan kembali bergairah pasca naiknya harga ikan basah namun produksi ikan asin tetap bertahan. "Memang produksi Ikan asin masa naiknya harga ikan basah saat ini masih diminati masyarakat apalagi orang luar negeri sebab permintaan ikan asin dari Belawan kian meningkat,"ujarnya usai menjemur ikan asin .

Dikatakannya, masyarakat Labuhan Deli dan Kampung Kurnia Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan merasa berutung bila cuaca bagus perharinya bisa menghasilkan stok ikan asin kering sekitar 5 ton bahkan bisa lebih, ujar penggurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Medan itu.

Biasanya para penghasil ikan asin ini, sebagian besar menjualnya ke pasaran Pedagang Kaki Lima yang ada di Medan dan sesekali ada juga pedagang yang datang langsung ke lokasi penjemuran ikan asin. "Harga penjualan ikan asin berkisar Rp8000,- hingga Rp15.000,-perkilogramnya dimana bila untuk diekspor mencapai
Rp25.000,-perkilogramnya," ujarnya.

DNA | Agusleo

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi