BMKG Wilayah I : Hati-hati Cuaca Ekstrim!

MEDAN | DNA - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Kota Medan untuk mewaspadai terjadinya cuaca ekstrim yang sudah mulai tampak memasuki pertengahan bulan April ini. Fenomena alam ini diserta angin kencang yang disertai hujan dan petir.

"Musim puncak hujan pertama diperkirakan bulan April ini sedangkan bulan Mei akan terjadi banyak petir kuat,” ujar Kepala Data dan informasi BMKG Wilayah I Stasiun Bandara Polonia, Firman melalui ponselnya kepada wartawan DNAberita,Jumat (22/04/2011).

Dia menjelaskan, terjadinya gejala alam tersebut disebabkan, adanya suhu udara yang cukup tinggi dan jarak yang cukup besar serta kandungan uap air yang cukup banyak.

Hal tersebut dapat dirasakan oleh kita di siang hari, yaitu ditandai dengan rasa gerah dengan suhu mencapai 34 derajat celcius  dan kelembapan udara mencapai 70% .

"Cuaca ekstrim ini bisa berganti-ganti yang disebabkan cuasca ekstrim yang berbentuk angin kencang, dan hujan yang berpindah-pindah atau lokal. Jadi perlu diwaspadailah. Bulan ini paling banyak terjadi angin kencang, hujan dan petir ketiganya silih berganti,dengan ciri-ciri awan hitam dan suasana mencekam," tambahnya.

Firman juga menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari pohon-pohon besar dan papan reklame/billboard. "Karena kalau berteduh di dekatnya lalu tumbang akan beresiko kepada orang yang bertedih menimpanya," pungkasnya.

Reporter | R-02

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi