Kepala Dusun se-Deliserdang Butuh Diklat

DELI SERDANG I DNA - Dalam menjalankan tugas dan fungsi pokok (Tupoksi), Kepala Dusun (Kadus) butuhkan pendidikan dan pelatihan (Diklat). Demikian diungkapkan Kepala Dusun Ampera Selatan, Desa Sekip, Lubuk Pakam, Deliserdang, Budi, Selasa (08/03/2011).

Disebutkannya, selaku ujung tombak aparatur pemerintahan, Kadus seharusnya diberikan pelatihan dasar kepemimpinan. Mengingat banyaknya program pemerintahan yang membutuhkan Kadus sebangai pembina bahkan pelaku sekaligus. Seperti Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), maupun penyaluran beras bagi masyarakat miskin (Raskin).

"Sudah beberapa periode saya di memimpin Dusun Ampera Selatan, saya belum pernah menerima diklat. Padahal, banyak program pemerintah yang kami tidak mengerti. Nah, jika ada kesalahan, kami yang dikejar-kejar pertanggungjawabannya,"sebut Budi.

Senada dengan itu, Kepala Dusun 3 Desa Tumpatan Nibung, Batang Kuis, Agus Ngateman, juga turut mengungkapkan harapannya, agar Pemerintah Kabupaten Deliserdang memberikan upaya peningkatan pengetahuan Kadus, karena tidak sedikit Kadus di Kabupaten ini yang tidak mengerti akan peraturan dan Undang-undang yang berlaku.

"Sehingga, jika ada permasalahan yang menyangkut pertanggungjawaban Kadus dapat memberikan jawaban atas pertanyaan pihak terkait, seperti Anggota Dewan, Polisi, Jaksa ataupun pemerintah yang tingkatnya lebih tinggi,"bilangnya.

Reporter | Khairunnisya

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi