Mahasiswa Arsitektur Pelajari Strategi Menangkan Tender

SURABAYA | DNA - Konsultan adalah salah satu pekerjaan yang nantinya akan digeluti oleh para lulusan Arsitektur ITS. Dalam menjalankan profesi ini, dibutuhkan kemampuan yang lebih dari sekedar kompetensi dalam merancang bangunan.Arsitektur menggelar kuliah tamu seputar tips dan trik untuk memenangkan tender, kompetensi yang nantinya dibutuhkan terkait profesi sebagai konsultan.
  
 Bertempat di Ruang Djelantik jurusan Arsitektur ITS, kuliah tamu kali ini menghadirkan Djoko Subagijo ST MSi sebagai pembicara. Dalam kuliahnya, Djoko menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan sebagai konsultan ketika mengajukan proposal tender. Mulai dari kelengkapan administrasi dalam penyusunan proposal hingga strategi dalam mengajukan penawaran.

Dalam mengajukan proposal, lanjut Djoko,  konsultan terlebih dahulu harus mengetahui segala sesuatu terkait dengan proyek lelang yang akan diikuti. "Konsultan juga harus tahu dari mana sumber dana lelang tersebut," terang pria lulusan Universitas Brawijaya, Malang tersebut.

Tidak hanya sekedar menerangkan prosedur dalam mengajukan proposal pelelangan, Djoko juga menjelaskan strategi apa yang harus dijalankan agar dapat memenangkan tender. Beberapa strategi itu diantaranya adalah kekompakan tim untuk menyukseskan proposal tender dan kelengkapan referensi data baik untuk proposal maupun desain. Hal yang tak kalah penting lainnya adalah koneksi atau kedekatan peserta dengan pelaksana tender. "Namun jangan diartikan kedekatan yang dimaksud adalah nepotisme," ujar Djoko dihadapan peserta kuliah.

Kuliah tamu ini dihadiri tidak kurang oleh enam puluh mahasiswa Arsitektur ITS dari berbagai angkatan. Sebagian besar peserta adalah mahasiswa angkatan 2008 yang sedang mengambil mata kuliah Praktik Profesi Perancang (PPP). "Kami dianjurkan untuk mengikuti kuliah tamu ini karena materinya menunjang mata kuliah PPP," jelas Dimas, mahasiswa yang tengah mengambil mata kuliah PPP.

Selain mahasiswa, banyak juga almuni Arsitektur yang hadir dalam kuliah tamu kali ini. Beberapa alumni mengaku khusus datang ke ITS untuk mengikuti kuliah tamu ini. "Karena materinya berhubungan dengan pekerjaan saya," jelas Nurisin, salah satu almuni Arsitektur ITS.

Sumber | Its

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi