Daker Makkah Manfaatkan Twitter Untuk Layanan Bimbingan Ibadah

MAKKAH | DNA - Selain akomodasi, transportasi, dan katering, layanan bimbingan ibadah (bimbad) merupakan hal yang tidak kalah penting dalam rangka mengantarkan jemaah haji pada kemabruran. Untuk itu, program manasik haji dilakukan oleh tim Kementerian Agama sejak di Tanah Air.

Demi mengoptimalkan layanan bimbingan ibadah yang berkelanjutan, tim bimbingan ibadah haji Daker Makkah memanfaatkan media sosial berupa twitter. Melalui akun @bimbadmkh2016, tim bimbad akan menyampaikan informasi pelayanan bimbingan ibadah bagi jemaah haji Indonesia.

"Twitter ini diisi dengan informasi kegiatan bimbingan ibadah selama di Makkah. Juga sebagai sarana konsultasi dan tanya jawab seputar penyelenggaraan ibadah haji," tegas Kasi Bimbad Daker Makkah Tawwabuddin, Senin (15/08) waktu arab saudi.

Menurutnya, twitter ini dikelola oleh tim konsultan pembimbing Ibadah Haji. Beberapa materi yang akan disampaikan meliputi perkembangan aktivitas jemaah haji selama di kota Makkah, pengetahuan manasik haji dan umrah, kegiatan bimbingan manasik di pemondokan jemaah, serta kebijakan terbaru terkait pelaksanaan ibadah haji 1437H/2016M.

"Twitter ini juga menjadi sarana tanya jawab seputar manasik haji dan umrah bagi masyarakat, baik yang di Tanah Suci maupun keluarganya di Tanah Air," terang Tawwab.

Koordinator Pembimbing Ibadah Aswadi mengatakan, twitter bimbad ini akan diisi sengan sejumlah konten, antara lain: mutiara hikmah, jawaban atas pertanyaan, foto kegiatan, serta beberapa hasil kajian kitab yang relevan.

"Kalau ada sumber informasi yang berdasarkan kitab, bisa kita scan dan upload di twitter. Kalau dulu berupa teks dan redaksi yang singkat, tahun ini kita perluas dengan sumber dan teks kitab yang kita jadikan referensi dalam mansik haji," jelasnya.

"Selain itu, twitter juga menjadi sarana penyuluhan sekaligus memberikan informasi dan menjawab pertanyaan," tembahnya.

Penggunaan twitter sebenarnya bukan yang pertama kalinya pada tahun ini. Sebelumnya, tim bimbad juga sudah memanfaatkan media sosial ini dalam ikut mengedukasi dan membimbing masyarakat terkait ibadah haji.

Respon yang diberikan cukup banyak ditandai dengan intensitas interaksi masyarakat melalui twitter ini sehingga sekarang media yang sama digunakan untuk mengoptimalkan layanan bimbingan ibadah haji. "Dalam twitter ini juga dicantumkan nomor telepon untuk layanan konsultasi bimbingan manasik," ujar Tawwab.

Selain itu, tim bimbad bersama para konsultan bimbingan ibadah juga menyelenggarakan program visitasi bimbingan manasik untuk jemaah salama di Makkah.(dna/mch)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi