Aktor dan Aktris India Benci Kata Bollywood

MUMBAI | DNA - Salah satu aktor paling terkenal India, Salman Khan mengatakan benci dengan penggunaan kata Bollywood untuk menggambarkan industri film India dan memilih ungkapan yang lebih ngetren Hi-Fi. Penggunaan kata Bollywood memang sedang dalam perdebatan di dunia perfilman India.

Dalam akunya di Twitter, aktor India yang paling kontroversial, Salman Khan, mengatakan bahwa ia benci dengan kata Bollywood yang menurutnya menjijikan. Ia lebih suka kata yang lebih ngetren Hi-Fi yang merupakan singkatan dari Hindi Film Industry.

Bollywood adalah singkatan dari Bombay (nama lama dari kota Mumbai) yang menjadi markas besar industri film India dan Hollywood. Banyak pelaku dalam industri film India merasa sebutan ini merupakan hinaan karena ada nuansa Bollywood dianggap sebagai saudara miskin dari Hollywood.

Aktres Shilpa Shetty mengancam akan membunuh mereka yang menggunakan kata Bollywood. Namun kata Bollywood sudah biasa digunakan bahkan sudah dimasukkan dalam kamus, Oxford Dictionary tahun 2003.

Shilpa Shetty termasuk pelaku film India yang membenci kata Bollywood. Para pencinta film India yang antri di komples bioskop terbesar di Kalkuta pun tampaknya juga tidak berkeberatan dengan sebutan itu.

Ada yang mengatakan bahwa meskipun bukan merupakan kata dalam bahasa India, sebutan Bollywood cocok untuk India. Yang lain mengatakan "Mengapa harus diubah, ada kata B yang cocok dengan kata Bombay?".

Sementara banyak yang berpendapat bahwa orang tidak bisa mengubah sebutan itu begitu saja dan berharap orang lain akan mengikutinya karena di seluruh dunia orang sudah mengenal Bollywood sebagai industri film India. Belakangan memang banyak terjadi perubahan nama di India.

Kota Bombay sekarang disebut Mumbai, Madras menjadi Chennai dan Kalkuta menjadi Kolkata. Ini merupakan bagian dari proses India untuk meninggalkan masa lalunya ketika negaranya menjadi jajahan.

Sekarang tampaknya kata Bollywood, sebutan bagi salah satu industri film terbesar dunia, mulai diributkan juga.

Sumber | Bbc

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi