Memilih Rumput untuk Halaman Rumah

Halaman depan rumah yang ditanami rumput dapat menjadi area penerima yang menyambut tamu  maupun buat sang empu-nya rumah. Coba bayangkan bila halaman depan rumah kita terlihat panas  dan gersang karena ditutup dengan keramik dan semen.

Namun jika kita tanami dengan rumput dan diberi akses jalan setapak pasti akan tampak lebih  baik. Begitu juga dengan area belakang rumah. Kita bisa menanam hamparan rumput dengan  berbagai kegunaannya seperti area untuk anak-anak kita.

Pemilihan jenis rumput yang akan kita tanam juga harus diperhatikan. Karena bila kita salah  memilih dan menanam rumput maka keadaan kering dan mati yang akan kita temukan. Saya akan  memberi tips panduan buat Anda dalam memilih jenis rumput yang baik.

Zoysia japonica (Rumput jepang) Zoysia-JaponicaRumput jenis ini sangat familiar di telinga kita. Daun yang kecil, hijau  dengan ujung yang runcing adalah ciri dari rumput ini. Ciri lain dari jenis rumput ini  adalah harus selalu mendapat sinar matahari langsung. Jadi jangan pernah menanam jenis  rumput ini jika di atasnya ada pohon maupun perdu yang melingkupinya.

Rumput Mutiara dan Rumput Gajah
Mutiara-GrassCiri-ciri kedua rumput ini hampir sama (kadang saya juga sulit membedakannya  dan mungkin dari Anda ada yang mengetahui perbedaannya mohon informasinya). Menurut saya  besar dan kecilnya daun yang membedakan rumput-rumput ini. Walaupun bertekstur kasar dan  empuk jika kita menginjaknya, kedua rumput ini lebih mudah ditanam dimana saja. Area yang  dilingkupi tanaman yang lebih tinggi pun rumput ini tetap akan hidup.

Rumput Paspalum dan Rumput Bermuda
Bermuda turfKedua jenis rumput ini juga sangat baik ditanam sebagai hamparan rumput yang  luas. Namun sayangnya harga dari keduanya sangat mahal. Bila Anda menginginkan hamparan  rumput yang bagus lebih baik Anda memilih rumput Paspalum sebagai tanamannya. Namun bila  Anda ingin membuat area golf mini maka Anda harus menanam rumput Bermuda karena jenis rumput  ini khusus untuk media olahraga golf. (DNA|Desainlanskap)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi